Tampilkan di aplikasi

Modernisasi ungkit produktivitas tenaga kerja

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3808
22 Juli 2019

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3808

produktivitas tenaga kerja

Sinar Tani
Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian, Ketut Kariyasa mengatakan, moderni sasi menyebabkan produk tivitas tenaga kerja sektor pertanian meningkat tajam. Hal ini dapat dilihat, selama periode 2014-2018, dimana tenaga kerja saat itu mencapai 20,34 persen atau meningkatkat rata-rata 4,79 persen per tahun. “Pada tahun 2014, produktivitas tenaga kerja di sektor pertanian sebesar Rp 23,3 juta per orang dan pada tahun 2018 meningkat menjadi Rp 28,0 juta per orang,” katanya.

Membaiknya produktivitas ini mengindikasikan bahwa tena ga kerja yang digunakan pada sektor pertanian semakin pro duk tif. Apalagi mekanisasi yang ada mampu menghasilkan output yang semakin besar. Meski demikian, kata dia, semua capaian ini tidak terlepas dari upaya semua pihak dalam mendukung program terobosan dan kebijakan Kementan yang tepat sasaran.

“Saat ini kami juga terus mendorong petani untuk menerapkan inovasi teknologi pertanian terkini, seperti penggunaan benih varietas unggul baru, perbaikan manajemen pemupukan dan pengairan, maupun teknologi panen dan pasca panen,” tuturnya. Di samping itu, ungkap Kariyasa, penggunaan alsintan juga mampu memenuhi kelangkaan tenaga kerja dan mendorong generasi muda untuk terjun lang sung ke sektor pertanian.

Modernisasi pertanian ini terbukti mampu menghemat biaya produksi dan mempercepat proses produksi hingga meningkatkan produktivitas lahan. “Sebagai contoh, penggunaan traktor roda-2 dan roda-4 mampu menghemat penggunaan tenaga kerja dari 20 orang menjadi 3 orang/ha. Belum lagi biaya pengolahan lahan turun sekitar 28 persen,” katanya.

Selain itu, penggunaan rice transplanter mampu menghemat tenaga tanam dari 19 orang menjadi 7 orang/ha. Sehingga, pola ini dapat menurunkan biaya tanam hingga 35 persen serta mempercepat waktu tanam menjadi 6 jam/ha. Belum lagi penggunaan combine harvester yang bisa menghemat tenaga kerja dari 40 orang menjadi 7 orang.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI