Tampilkan di aplikasi

Alsintan untuk akselerasi milenial di perguruan tinggi

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3902
12 Juli 2021

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3902

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam sebulan ter akhir memberikan bantuan alsin tan kepada perguruan tinggi negeri.

Sinar Tani
Penggunaan alat mesin pertanian (alsintan) menjadi salah satu ciri dari modernisasi pertanian. Diharapkan dengan modernisasi pertanian akan menarik generasi muda menekuni dunia pertanian. Sebagai upaya mengajak generasi muda terjun ke pertanian, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam sebulan ter akhir memberikan bantuan alsintan kepada perguruan tinggi negeri.

Pertama, pada Rabu (16/6), mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu memberikan bantuan mengembangkan kemampuan maha siswa dalam teknologi dan mekanisasi kepada Universitas Gadjah Mada (UGM). Nota Kesepahaman ditandatangani Mentan SYL dengan Rektor UGM, Panut Mulyono.

Melalui MoU dan penyerahan dukungan program pertanian kepada UGM, Kementan memberikan berbagai bantuan alat tanam dan mesin pertanian senilai kurang lebih Rp 8,06 miliar. Terdiri dari traktor roda 2 dan 4, transplanter, screen house, nursery kelapa, mixer dan grinder. Selain itu juga 40 ekor kambing dan 20 ekor sapi perah.

Ada juga bantuan teknologi lain seperti screen house hidroponik, power thresher multiguna dan corn sheller mobile. Kementan juga memberi bantuan demplot dan pendampingan upaya peningkatan produktivitas dan kualitas kedelai kuning berbasis kearifan lokal untuk menunjang ketahanan pangan.

Kerjasama kedua dengan Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar. Bantuan tersebut berupa alat mesin dan sarana pertanian dengan total nilai sebesar Rp 10,1 miliar. Diberikan kepada Rektor Unhas, Prof. Dwia Aries Tina Pulubuhu di Gedung Rektorat, Universitas Hasanuddin, di Kota Makassar, Senin (5/7).
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI