Tampilkan di aplikasi

Jaga stok pupuk, pemerintah tingkatkan kapasitas produksi

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3911
14 September 2021

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3911

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) melakukan kunjungan ke PT. Pupuk Kalimantan Timur.

Sinar Tani
Pupuk menjadi sarana produksi yang krusial bagi petani. Bahkan untuk membantu petani, pemerintah rela menggelontorkan anggaran subsidi untuk penyubur tanaman ini dalam jumlah yang sangat besar. Bahkan dari tahun ke tahun cenderung meningkat. H itungan Kementerian Pertanian, kebutuhan pupuk TA 2021 sebanyak 22,57-26,18 juta ton dengan nilai mencapai Rp 63-65 triliun untuk 17,05 juta petani di 34 propinsi, 484 kabupaten dan 6.063 kecamatan. Namun jumlah anggaran subsidi pupuk yang bisa pemerintah sediakan hanya sebanyak Rp 25,27 triliun atau 9 juta ton pupuk atau 37 persen dari kebutuhan.

Sayangnya dalam distribusi pupuk, petani kerap mengeluhkan kelangkaan sarana produksi tersebut. Karena itu, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian terus memperbaiki tata kelola pupuk subsidi. Sebagaimana diketahui, pupuk memiliki peran strategis sehingga menjadi penentu keberhasilan produksi yang berujung pada swasembada pangan dan peningkatan kesejahteraan petani.

Untuk memastikan pupuk tersedia di petani, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) melakukan kunjungan ke PT. Pupuk Kalimantan Timur guna memastikan stok dan meningkatkan kapasitas, serta kualitas pupuk untuk peningkatan produktivitas komoditas pertanian, pada Jumat (10/9).

”Tidak ada tanaman tanpa pupuk dan pertanian itu ada karena pupuknya. Saya siap membantu Pupuk Kaltim untuk menambah kapasitas produksi dan kualitas pupuk. Saya bicarakan dengan Presiden agar ketersediaan gas murah, bila perlu kita subsidi,” kata SYL.

Bahkan jika tahun depan Indonesia akan mencapai swasembada pangan, maka intervensi pupuk harus tinggi. Stok pupuk harus 14 juta sampai 15 juta ton. Dengan demikian, dengan disertai varietas yang bagus dan pelatihan, produksi pertanian naik.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI