Tampilkan di aplikasi

Lampu hijau tanaman produk rekayasa genetik

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3991
24 Mei 2023

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3991

Tanaman Produk Rekayasa Genetik

Sinar Tani
Pelepasan varietas merupakan pengakuan pemerintah terhadap suatu varietas hasil pemuliaan, varietas lokal dan introduksi yang memiliki keunggulan untuk dapat diedarkan. Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menyatakan penggunaan tanaman PRG (produk rekayasa genetik) dapat menjadi salah satu alternatif teknologi untuk meningkatkan produksi.

Apalagi tantangan pertanian kedepan semakin komplek baik terhadap cekaman abiotik maupun biotik. Dari aspek hulu, perakitan varietas menjadi salah satu upaya mengantisipasi dampak perubahan iklim global, termasuk mendapatkan varietas tanaman yang adaptif terhadap cekaman lingkungan.

Perakitan varietas unggul melalui teknik konvensional telah menghasilkan cukup banyak varietas. Tidak ketinggalan pula dengan teknik bioteknologi modern yang kini telah diadopsi di Indonesia.

Salah satu teknologi yang berkembang adalah rekayasa genetik. Regulasi yang menjamin keamanan PRG di Indonesia saat ini sudah cukup lengkap. Dari mulai Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, Peraturan Menteri hingga implementasi aturan pelaksananya. Namun demikian, dalam pelepasan varietas tanaman PRG, Pemerintah Indonesia tetap memegang prinsip kehati-hatian (precautionary approach).
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI