Tampilkan di aplikasi

Gerak cepat kendalikan hama PBP di Indramayu

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3997
5 Juli 2023

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3997

Kendalikan Hama PBP

Sinar Tani
Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) menjadi bagian dari kendala yang kerap dihadapi petani dalam budidaya pertanian. Tidak hanya padi, tapi juga komoditas lain pun menghadapi persoalan yang sama. Untuk menjaga produksi pangan, Ditjen Tanaman Pangan melalui Direktorat Perlindungan melakukan gerak cepat mengendalikan hama dan penyakit tanaman tersebut. Salah satunya gerakan pengen dalikan hama penggerek batang padi (PBP) di Kabupaten Indramayu.

Sebagai salah satu sentra produksi padi, wilayah Indramayu saat ini sudah memasuki musim tanam baru dengan kondisi di lapangan dalam tahap pengolahan tanah, persemaian dan pertanaman berumur 3-4 minggu. Tidak hanya dihadapkan dengan permasalahan El Nino, petani di Indramayu juga dihadapkan dengan permasalahan serangan hama PBP.

Direktorat Perlindungan Tanaman Pangan sebagai kepanjangan tangan dari Kementerian Pertanian mempunyai tugas dan fungsi untuk mengamankan pertanaman pangan dari serangan OPT, sehingga target produksi pangan dapat tercapai. Kelompok Substansi Pengendalian OPT Serealia yang dikomandoi Gandi Purnama berkunjung ke beberapa wilayah di Indramayu.

Gandhi mengungkapkan, dari laporan yang diterima penerbangan ngengat PBP sudah tinggi di wilayah Indramayu seperti Kecamatan Sukra dan Patrol, sehingga banyak kelompok telur PBP ditemukan di persemaian.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI