Tampilkan di aplikasi

Upland Lombok Timur, dorong perluasan pertanaman bawang putih

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4001
2 Agustus 2023

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4001

Proyek Upland

Sinar Tani
Kabupaten Lombok Timur menjadi salah satu lokasi pelaksanaan dengan fokus pengembangan bawang putih. Ada tiga kecamatan yang menjadi proyek Upland (The Development of Integrated Farming System at Upland Area) yakni Kecamatan Sembalun, Suela dan Wanasaba.

Untuk mendukung pengembangan komoditas tersebut, proyek Upland di tiga lokasi tersebut dibangun infrastruktur yang ditujukan kepada kelompok tani. Diantaranya untuk pembangunan bendungan, perpipaan, sumur air dangkal, terasering dan jalan usaha tani.

Selain pembangunan infrastruktur, program Upland di Lombok Timur menyasar komoditas bawang putih. Semenjak ditetapkan sebagai sentra produksi bawang putih nasional, berbagai program dihadirkan untuk mempercepat peningkatan produksi. Salah satunya program Upland bawang putih.

“Masing-masing kelompok mendapat bantuan dan infrastruktur sesuai kebutuhannya. Jadi anggarannya disesuaikan kebutuhan masing-masing lokasi,” kata Kepala Dinas Pertanian Lombok Timur, Ir. Sahri.

Proyek Upland di Lombok Timur telah berjalan sejak tahun 2020-2021. Namun Sahri mengakui, hingga 2022 kegiatan pembangunan infrastruktur dan pengembangan budidaya bawang putih di lokasi proyek belum sesuai target.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI