Tampilkan di aplikasi

Domba Batur, daya tarik UPLAND project Banjarnegara

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4006
12 September 2023

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4006

Domba Batur Banjarnegara

Sinar Tani
Domba Batur Banjarnegara ternyata memberikan daya tarik tersendiri dalam UPLAND Project. Potensinya yang sangat besar membuat Banjarnegara terpilih menjadi salah satu kabupaten penerima hibah program pengembangan pertanian di dataran tinggi tersebut.

Banjarnegara adalah satu dari 35 kabupaten/ kota di Indonesia yang menjadi lokasi UPLAND Project . Program tersebut bekerjasama dengan Islamic Development Bank (IsDB) dan International Fund For Agricultural Development (IFAD).

“UPLAND Project dibiayai IsDB dan IFAD. Di Banjarnegara ada 33 kelompok 23 desa dan 4 kecamatan, meliputi kecamatan Kalibening, Kejawaran, Magetan dan Batur,” kata Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banjarnegara, Totok Setya Winarna.

Hibah UPLAND Project tersebut untuk membiayai perbaikan jalan usaha tani sejauh 21 kilometer, pembiayaan pompa kurang sekitar 14 km. Selain itu, pengembangan kegiatan populasi domba batur untuk di budidaya masyarakat sekitar. Saat ini populasinya sekitar 9.444 ekor domba batur. Selain lomba Batur, potensi pertanian di Banjarnegara yakni perkebunan kopi.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI