Tampilkan di aplikasi

Kian mudah, tebus pupuk subsidi bisa secara digital

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4008
29 September 2023

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4008

Peralihan sistem penebusan pupuk bersubsidi dari manual ke digital

Sinar Tani
Kementerian Pertanian dan PT Pupuk Indonesia (Persero) terus berupaya melakukan perbaikan dalam distribusi pupuk subsidi ke petani. Hal ini dalam upaya mendukung program ketahanan pangan yang telah pemerintah canangkan. Salah satu terobosan yang dilakukan BUMN sarana produksi ini adalah memberikan kemudahan petani untuk bisa menebus pupuk secara digital.

Setelah berhasil melakukan peralihan sistem penebusan pupuk bersubsidi dari manual ke digital ke lima provinsi, PT Pupuk Indonesia bersama Kementerian Pertanian kini siap melayani penebusan pupuk bersubsidi secara digital bagi petani terdaftar yang berada di Sumatera Utara (Sumut), Sulawesi Tengah (Sulteng), dan Sulawesi Tenggara (Sultra). Penebusan pupuk subsidi secara digital tersebut mulai berlaku Sabtu (16/9).

Dengan berlakunya penebusan pupuk secara digital tersebut, seluruh kios resmi di tiga provinsi ini telah menerapkan sistem penebusan i-Pubers (integrasi pupuk bersubsidi).

Aplikasi ini merupakan sistem integrasi antara aplikasi e-Alokasi milik Kementerian Pertanian dengan aplikasi Rekan milik Pupuk Indonesia. Implementasi sistem digital ini juga merupakan tindak lanjut dari instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai perbaikan tata kelola kebijakan pupuk bersubsidi, khususnya perbaikan data pertanian.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI