Tampilkan di aplikasi

Soal beras, bukan cuma produksi, tapi juga konsumsi

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4016
23 November 2023

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4016

Saudara Seperjuanganku

Sinar Tani
Soal beras, kembali menyita perhatian kita bersama. Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyatakan, jika kita lengah dan tidak mampu menggenjot produksi sesuai target yang ditetapkan untuk tahun 2024, kemungkinan besar, kita bakal mengimpor beras sekitar 5 juta ton. Prediksi ini, tentu cukup mengejutkan. Betapa tidak, sebab 5 juta ton bukanlah angka yang kecil.

Mentan tentu bukan hanya melempar isu atau kecemasan terhadap dunia perberasan di tanah air, yang selama ini menunjukkan penurunan produksi yang cukup signifikan, namun dirinya berharap agar segenap komponen bangsa ikut berpikir dan dapat mencarikan jalan keluar terbaiknya. Jika perlu, lakukan terobosanterobosan cerdas.

Salah satu pemikiran dan cara pandang yang penting ditumbuh-kembangkan dalam benak para penentu kebijakan di sektor pertanian adalah sampai sejauh mana kita mampu melepaskan diri dari jebakan : “soal beras hanya masalah produksi”. Padahal, di sisi lain, juga akan berkaitan dengan soal harga dan konsumsi masyarakat.

Hal ini penting disampaikan, mengingat kita seperti yang terhipnotis untuk selalu bicara produksi. Bicara beras seolah-olah hanya berjuang untuk menggenjot produksi dan produktivitas hasil pertanian menuju swasembada. Padahal, kalau kita bicara dunia perberasan, khususnya agribisnis perberasan, maka kaitan dari hulu ke hilir, perlu dikemas secara sistemik.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI