Tampilkan di aplikasi

Intip peluang bisnis budidaya anggur

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4016
23 November 2023

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4016

Heri Yanto, CEO Kung Anggur

Sinar Tani
Potensi pengembangan anggur di Indonesia tidak hanya menguntungkan petani dan pelaku usaha, tetapi juga membuka peluang bagi masyarakat yang ingin terlibat dalam dunia “peng-anggur-an”.

Usaha tani anggur ini terbuka lebar, terutama di kota-kota besar. Selain sebagai hobi, budidaya anggur kini juga menjadi fokus agrowisata dengan konsep wisata petik buah. Proses budidaya yang cerdas (smart farming) memungkinkan pengembangan anggur di lahan sempit atau pekarangan di sekitar rumah.

Anggur adalah buah subtropis yang kini semakin populer di Indonesia. Bahkan peningkatan produksi yang signifikan dalam tiga tahun terakhir. Data Badan Statistik Pertanian (BPS) produksi anggur Indonesia pada Tahun 2022 mencapai 13.515 ton, meningkat dari 11.905 ton pada 2020. Namun, kebutuhan masyarakat masih tergantung anggur impor. Dengan angka impor mencapai 101.899 ton senilai 330,41 juta dollar AS pada tahun 2022.

Dengan potensi peluang bisnis yang terbuka tersebut, Komunitas Anggur yang tergabung dalam Asosiasi Penggiat Anggur Indonesia (ASPAI) atau kerap disebut kalangan Peng-Angguran siap bersaing dengan anggur dari luar negeri.

Memanfaatkan potensi lahan yang ada, produksi anggur dalam negeri terus digenjot untuk mengurangi ketergantungan impor. Melalui kolaborasi lintas sektor, diharapkan Indonesia dapat mengurangi ketergantungan terhadap impor anggur dan meningkatkan pendapatan petani.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI