Tampilkan di aplikasi

13 teknologi smartphone paling inspiratif

Tabloid Sinyal - Edisi 263
8 Desember 2016

Tabloid Sinyal - Edisi 263
Sinyal
Tidak semua teknologi yang dikenalkan di smartphone adalah murni untuk kebutuhan smartphone itu sendiri. Tetapi lewat smartphone, beberapa teknologi tersebut justru mendapat tempat lebih baik dan berkembang. Berikut ini ada 13 teknologi yang SINYAL hadirkan.

Chat atau messenger yang jadi moda bertukar informasi saat ini tidak lepas dari lahirnya Short Messaging Service (SMS). SMS mengalirkan teks secara real time. Teknologi ini pertama kali dikemukakan oleh Matti Makkonen yang kemudian ia mendapat julukan “bapak SMS”.

Meski begitu layanan pesan ini justru dikembangkan oleh Friendhelm Hillebrand dan Bernard Ghillebaert yang bekerja di Franco-German GSM pada 1984 dan lalu populer. SMS berupa data yang besarnya.

Ternyata bukan Nokia yang pertama kali menyematkan modul kamera ke smartphone. Melainkan Sharp sang pionir. Perusahaan ini memakai sensor CCD (belum CMOS seperti sekarang) ke ponselnya bernama J-Phone yang dijual di Jepang.

Istilah Bluetooth pertama kali dikenalkan oleh Jim Kardach setelah membaca sebuah novel berjudul The Long Ships. Di novel ini tertulis nama raja Harald “Blatand” Gromsson, yang penguasa Skandinavia. Pengucapan “Blatand” terdengar seperti Bluetooth.
Tabloid Sinyal di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI