Tampilkan di aplikasi

Somalia memanggil

Majalah Swadaya - Edisi 179
18 September 2017

Majalah Swadaya - Edisi 179

Di balik segala derita yang mereka rasa, tidak ada keluh kesah bahkan hujatan kepada Sang Pencipta, Allah SWT.

Swadaya
Kekeringan panjang melanda beberapa negara di kawasan Benua Afrika, di antaranya adalah Somalia. Sekitar tiga tahun lamanya di Somalia tidak turun hujan. Cuaca yang panas ditambah adanya konflik internal, membuat sebagian besar masyarakat di sana mengalami krisis pangan. Sayangnya, media-media internasional, termasuk media di Indonesia kurang memberitakan peristiwa memprihatinkan ini sehingga banyak masyarakat beranggapan tidak ada yang perlu dikhawatirkan di negara mayoritas muslim tersebut.

Krisis pangan akibat kekeringan dan konflik internal yang melanda Somalia saat ini, jauh lebih buruk daripada kelaparan yang terjadi pada Tahun 2011 silam. Jutaan orang terkena dampak kekeringan dan 50 ribu anak terancam meninggal. Kegagalan panen yang terus menerus, hewan ternak berangsur-angsur mati, krisis makanan, air bersih, kurang gizi, serta gangguang kesehatan telah menyerang warga Somalia.

Di tengah sengatan matahari yang suhunya mencapai 40 derajat celcius, mereka tetap optimis untuk hidup. Sesekali terdengar pula lantunan ayat suci al-Quran yang dilantunkan oleh warga di balik rumah yang berdinding seng dan kardus bekas. Tidak hanya membacanya setiap hari, anak-anak Somalia pun rajin menghafal al-Quran, dan mencintainya sepenuh hati.

Keimanan mereka kepada Allah SWT tidaklah luntur walau mereka dalam kondisi yang sangat sulit. Berbagai upaya pun telah mereka lakukan untuk tetap bertahan hidup, namun tetap saja banyak di antara mereka yang meninggal ketika sedang perjalanan mencari air dan bantuan. Konflik internal yang tak kunjung selesai, dan minimnya pemberitaan tentang mereka di media internasional, membuat penderitaan mereka kian sempurna.
Majalah Swadaya di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI