Tampilkan di aplikasi

Peduli dan memberdayakan penerima manfaat

Majalah Swadaya - Edisi 256
7 Februari 2024

Majalah Swadaya - Edisi 256

Petani Tangguh

Swadaya
Salah satu ajaran mulia dalam Islam adalah dianjurkannya memberikan manfaat bagi orang lain. Seseorang dapat dikatakan baik diukur dari sejauh mana manfaat yang mampu diberikan.

Sebagaimana sabda Rasulullah saw, “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.” (HR. Ath-Thabrani) Alhamdulillah atas izin Allah sepanjang tahun 2023, Daarut Tauhiid (DT) Peduli diberikan kesempatan untuk terus membersamai umat. DT Peduli hadir menjadi sarana bagi masyarakat dalam menyalurkan kepedulian bagi orang lain. Angka penyaluran dibanding dengan penerimaan mencapai 95%. Dengan kata lain, penyaluran dana kepada mustahik hampir mendekati 100% dari jumlah donasi yang terhimpun.

Berbagai program dan aktivitas digulirkan. Terangkum dalam bidang ekonomi, pendidikan, dakwah, sosial, kesehatan, dan kemanusiaan. Total jumlah penerima manfaat sebanyak 272.970 orang.

Kami menyadari bahwa ikhtiar yang dilakukan masih jauh dari harapan. Kendala di lapangan menjadi tantangan yang semakin menguatkan. DT Peduli bertekad untuk lebih cepat dan tepat dalam menjalankan titipan amanah dari para donatur. Cepat dalam penyaluran dan pelaporannya. Tepat dalam aktivitas program dan penerima manfaatnya yang mencakup lokal, nasional, regional, maupun dunia internasional.

Penguatan program pada tahun 2024 akan fokus pada aspek kualitas. Tidak hanya sisi materi, namun juga memberikan perhatian khusus pada penguatan sisi spiritual bagi penerima manfaat. Salah satu tujuan utama dari implementasi program yang dilakukan adalah menguatkan tauhid sehingga penerima manfaat memiliki keyakinan kuat kepada Allah.
Majalah Swadaya di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI