Tampilkan di aplikasi

Peka, Peduli, Berbuat, Berjuang

Majalah Swadaya - Edisi 256
7 Februari 2024

Majalah Swadaya - Edisi 256

DT Peduli

Swadaya
Nilai terbesar dalam kehidupan kita adalah berjuang. Karenanya, jadikan target dalam hidup untuk menjadi pribadi yang peka, peduli, berbuat, berjuang.

Kita bukan pekerja, tetapi kita adalah pejuang. Hal inilah yang membuat seseorang derajatnya begitu tinggi sebagai khalifah fil ard, yakni orang yang diberikan amanah menjadi khalifah di dunia ini. Khairunnas anfauhum lin nas, sebaik-baik manusia adalah manusia yang paling membawa manfaat bagi sesama dan makhluk Allah lainnya.

Rasulullah saw adalah seorang pejuang, keluarganya keluarga pejuang, para sahabat-sahabat adalah pejuang. Jadi, kalau kita ingin memiliki derajat mulia harus menjadi pejuang.

Pejuang beda dengan pekerja. Pekerja selalu terikat dengan jam kerja dan sesudahnya menjadi bebas ketika merasa memenuhi kewajiban-kewajiban bekerja. Bagi kita tidak terikat waktu, tidak terikat tempat. Seluruh waktu kita adalah berjuang di jalan Allah.

Untuk menjadi seorang pejuang, rutenya harus mempunyai kepekaan hati terlebih dahulu. Karena kalau tidak mempunyai kepekaan hati maka dia tidak akan peduli. Kalau tidak peduli, dia tidak bisa berbuat. Kalau tidak berbuat, dia tidak akan bisa berjuang.
Majalah Swadaya di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI