Tampilkan di aplikasi

Kolaborasi, dompet dhuafa bangun sekolah untuk Rohingya

Majalah Swara Cinta - Edisi 97
10 Juli 2019

Majalah Swara Cinta - Edisi 97

Saat peletakan batu pertama sekolah untuk Rohingya di Rakhine, Myanmar.

Swara Cinta
JAKARTA - Sejak konflik yang tak kunjung usai di negara bagian Myanmar, Rakhine, banyak kondisi bangunan sekolah muslim Rohingya yang jauh dari layak, karena minimnya perhatian pemerintah. Dompet Dhuafa sebagai anggota Indonesia Humanitarian Alliance (IHA) bersama sejumlah lembaga kemanusiaan lain, bekerja sama dalam membangun sekolah di Rakhine, Myanmar, yang peletakan batu pertamanya dilaksanakan saat 28 Oktober 2018.

"Turut prihatin menyaksikan keterbatasan di beberapa sekolah di Rakhine. Banyak sekolah beralaskan tanah dan berdinding papan atau geribik. Untuk perizinan, Pemerintah di sana sangat ketat. Di beberapa bagian Myanmar masih hangat isu-isu kemanusiaan. Dan, kita selalu mengupayakan perdamaian dan memberikan manfaat kepada sesama di Myanmar," ucap Juperta Panji Utama, Manajer Pengembangan Sosial Dompet Dhuafa yang ikut peletakkan batu pertama sekolah-sekolah Indonesia di Myanmar kepada Swara Cinta, Maret 2019.

Dompet Dhuafa terus melakukan berbagai upaya membantu meringankan derita warga Rohingya baik melalui program jangka pendek maupun jangka panjang. Peristiwa yang menelan banyak korban jiwa dan berdampak pada nasib pendidikan anak anak Rohingya. Saat ini terdapat tiga sekolah yang sedang dibangun, dari sepuluh sekolah yang rencana akan dibangun. Sekolah ini merupakan persembahan masyarakat Indonesia melalui program Pembangunan Sekolah Indonesia di Rakhine, Myanmar. Pembangunan sekolah ini, sangat membantu anak–anak muslim Rohingya agar dapat belajar dengan layak.

Dari mula kehadirannya, Dompet Dhuafa telah menggulirkan bantuan logistic, kesehatan, dan kemanusiaan ke kawasan muslim yang menderita. Dompet Dhuafa juga berperan dalam hal diplomasi kemanusiaan. Berbagai upaya ditempuh untuk menciptakan perdamaian baik di Myanmar, Asia Tenggara, dan di seluruh penjuru dunia. – [Maifil]
Majalah Swara Cinta di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI