Tampilkan di aplikasi

Makanan untuk atasi darah rendah

Majalah Swara Cinta - Edisi 96
10 Juli 2019

Majalah Swara Cinta - Edisi 96

makanan sehat / Foto : istimewa

Swara Cinta
Apakah Anda sering, atau di suatu kondisi merasa pusing, lelah, jantung berdebar kencang? Bisa jadi Anda mengalami tekanan darah rendah. Darah rendah atau dalam istilah medis disebut hipotensi, adalah keadaan dimana tensi seseorang 90/60 mmHg atau lebih rendah dari itu.

Penyebabnya beragam, akibat dehidrasi karena kurang cairan, hingga gangguan pada sinyal otak yang mengatur fungsi pemompaan darah. Gejalanya seperti pandangan kurang fokus, nafas tidak teratur, keringat dingin, bahkan bisa mengalami pingsan. Jika mengalaminya, sebaiknya hentikan aktivitas sejenak dan beristirahat.

Sebagai langkah awal mengatasinya, Anda bisa memilih cara alami yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat. Berikut makanan terbaik mengatasi tekanan darah rendah.

1. Konsumsi Folat Memenuhi asupan sayur dan buah sangat baik. Pisang, alpukat, brokoli dan bayam, dapat membantu menaikkan tekanan darah.

2. Vitamin B12 Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia, yang dapat memicu tekanan darah rendah. Makanan seperti daging ayam, telur, susu, Ikan tuna, kerang, serta daging sapi, tinggi kandungan B12.

3. Kacang-kacangan Penelitian di Harvard Heart Letter, merekomendasikan memakan kacang-kacangan untuk meningkatkan tekanan darah. Kacang-kacangan dicerna perlahan oleh sistem pencernaan, membuat tekanan darah Anda naik. Maka kacang hijau, kacang merah, serta buncis sangat baik untuk diolah dalam menu harian Anda.

4. Roti dan Sereal Sebanyak 20 persen zat besi ada pada roti dan sereal. Selain mempunyai banyak kandungan zat besi, gandum membuat badan lebih sehat. Gandum juga mengurangi risiko tekanan darah rendah.
Majalah Swara Cinta di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI