Tampilkan di aplikasi

Asah kemampuan relawan lewat pelatihan kebencanaan

Majalah Swara Cinta - Edisi 96
10 Juli 2019

Majalah Swara Cinta - Edisi 96

Peserta pelatihan kebencanaan melakukan simulasi water rescue / Foto : Dompet dhuafa

Swara Cinta
MEDAN - Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa menggelar pelatihan penanggulangan bencana untuk relawan Dompet Dhuafa di Tongging, Kab. Karo, Sumatera Utara, Jumat-Ahad (18-20 Januari). “Pelatihan yang diadakan Dompet Dhuafa ini sangat memperluas pengetahuan para relawan yang akan turun kelapangan, sebab mereka masih memerlukan wawasan baru dan ilmu praktis seputar penanggulangan bencana,” papar Lukman selaku SPV Dakwah Layanan Tanggap Darurat (DLTD)

Selama pelatihan berlangsung, ada 9 materi yang disampaikan, di antaranya Karakteristik Penanggulangan Bencana di Indonesia (khususnya Aceh, Sumatera Utara dan Sumatera Barat), materi ini disampaikan Sulaiman selaku Pimpinan cabang Dompet Dhuafa Waspada. Materi kedua, Dompet Dhuafa dalam Penanggulangan Bencana, disampaikan Ahmad Lukman selaku SPV DLTD.

Ketiga, Teori Evakuasi yang disampaikan Mochamad Syaiban. Keempat, Teori dan Praktik Psychological First Aid yang disampaikan oleh Maya Sita Danila selaku General Manager HC DD. Kelima, Code of Conduct dan Assesment oleh Mochamad Syaiban. Keenam, Praktik Lapangan -Disaster Simulation- yang dijelaskan oleh Eka Erwandi, Ady Sumarna, Erwandi Saputra. Acara yang digelar selama dua hari ini diikuti 30 peserta ini, diapresiasi Kepala BPBD Sumatera Utara, Dr. Ir. H. Riadil Akhir Lubis, M.Si., - [Hazrul Azhari R./ DD Waspada]
Majalah Swara Cinta di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI