Tampilkan di aplikasi

Puasa saat pandemi di Hong Kong

Majalah Swara Cinta - Edisi 121
18 Agustus 2021

Majalah Swara Cinta - Edisi 121

Imam Baihaqi,

Swara Cinta
Diberi kepercayaan untuk mengelola Dompet Dhuafa Hong Kong sejak 2019 lalu, Imam Baihaqi, menceritakan kisahnya ketika bulan Ramadan datang di tengah pandemi Covid-19 yang jauh dari kata usai. Sebelum pandemi, salah satu tradisi yang biasa dilakukan adalah mengadakan program kampanye untuk berbagi dengan komunitas non Muslim tentang Ramadan dan praktik puasa.

“Kami akan menggelar acara buka puasa dan tarawih di mana kami mengundang beberapa ustaz dan ustazah dari Indonesia untuk memberikan ceramah di aula yang kami sewa dan satu ritual besar lainnya, Solat Idul Fitri di taman-taman besar yang ada di Hong Kong, namun karena pandemi, banyak dari aktivitas fisik ini telah dipindahkan ke platform daring saja,” ujar Imam Baihaqi.

Dalam penugasannya tersebut, dirinya membawa istri dan ketiga anaknya ke Hong Kong. Bagi Imam, kepindahannya ke Hong Kong merupakan kesempatan baginya untuk melihat dunia dan menjangkau sesama muslim Indonesia yang bermukim di Hong Kong.

“Hong Kong bagaikan sebuah bejana, di mana saya bisa melihat dan merasakan budaya yang berbeda,” sambung Imam yang sudah menetap di Hong Kong lebih dari 2 tahun tersebut.

Menurut Imam, ia juga melihat bahwa masyarakat Hong Kong sangat terbuka akan agama dan budaya lain. Tidak hanya itu, Imam juga sangat mengapresiasi betapa dinamisnya sekolah di Hong Kong. Anak perempuan tertuanya yang sudah masuk SD juga berbagi hal yang sama, dimana dia diberi kebebasan untuk melakukan ibadah solat di sekolah oleh para guru.
Majalah Swara Cinta di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI