Tampilkan di aplikasi

Hindarilah kerumunan

Majalah Swara Cinta - Edisi 123
12 November 2021

Majalah Swara Cinta - Edisi 123

covid-19

Swara Cinta
Bergantian orang-orang terkenal dipanggil Sang Khalik karena terpapar Corona. Setelah ustadz Ali Jaber, Tengku Zulkarnain; dalam seminggu ini telah dipanggil Allah Swt pula, yakni peramal Mbak You, artis Jane Shalimar, politisi Nasdem Ema Hafid, dalang Ki Manteb Sudharsono, dan terakhir mantan Menpen Harmoko yang menjabat sampai tiga periode.

Yang menarik Ki Manteb – Harmoko seperti satu paket, sama-sama mencintai wayang kulit, sama-sama meninggal di masa pandemi Corona. Ki Sketsa Manteb Sudharsono jelas-jelas terpapar Corona, sedangkan Harmoko yang dimakamkan di TMP Kalibata, awalnya Dirut RSPAD Gatot Subroto merahasiakan. Padahal pihak keluarga telah mengakuinya.

Saat Harmoko menjabat Menpen periode keduanya, pernah nanggap wayang dalang Ki Manteb (1992) bersama dua dalang top lainnya, Ki Timbul Hadiprayitno dan Sugito Purbacarito. Sayang ketika pentas wayang 3 malam berturut-turut di Monas itu Menpen Harmoko tak bisa hadir karena kebetulan di luar negeri.

“Itu jadi bukti ya Pak, bahwa Covid-19 tak pandang bulu. Tak peduli pejabat, tak peduli rakyat, kalau mau terpapar ya terpapar juga,” kata Bu Atikah seusai nonton TV.

“Paling konyol Bu, ada pejabat bikin kebijakan untuk mengatur rakyatnya dalam hal Covid-19, tapi dia sendiri melanggarnya secara nyata. Bayangkan, dia melarang rakyatnya ke mana-mana, cukup tinggal di rumah. Padahal dia sendiri bersama istri dan anak malah naik sepeda keliling kota.” Tambah Pakde Gendro.

“Siapa itu Pak?” “Lihat saja di internet. Ada Kepala Desa, ada Kepala Daerah. Bagaimana Kepala Negara tidak pusing kepala?” Jangankan Kepala Desa dan Kepala Daerah, kepala rombongan wayang alias dalang, juga ada yang tak percaya pada Covid-19 tersebut. Misalnya Ki Manteb Sudharsono sendiri, dalam rekaman Youtube dia jelas-jelas curiga bahwa Corona pekerjaan bangsa asing untuk mencari duit dengan mengorbankan bangsa lain. Kata beliaunya, “Penyakit namanya kok kayak mobil, Corona. Nanti ada pula Fuso....
Majalah Swara Cinta di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI