Tampilkan di aplikasi

Batik lestari terkenal hingga ke luar negeri

Majalah Swara Cinta - Edisi 127
20 Mei 2022

Majalah Swara Cinta - Edisi 127

Membatik

Swara Cinta
Dompet Dhuafa melalui program-program pemberdayaan sekaligus turut melestarikan warisan budaya-budaya Nusantara menggagas program batik bagi Ibu-ibu di Yogyakarta. Nani Nurhayati Lestari, Ibu 2 anak ini merupakan wanita termuda yang membina para anggota Batik Berkah Lestari, salah satu program pemberdayaan ekonomi Dompet Dhuafa di Desa Giriloyo, Imogiri, Yogyakarta.

Kesehariannya sebagai ibu rumah tangga sekaligus pembatik membuatnya bangga karena turut melestarikan warisan budaya Indonesia turun temurun. Beberapa prestasi pun pernah diraihnya. Ibu Nani pernah mengikutkan batiknya di pameran di Folk Art Market Santa Venue Mexico pada tahun 2010.

Tanggapan masyarakat di sana sangat positif. Hal tersebut terbukti dengan penjualannya yang cukup tinggi. Tak dinyana, ternyata para donatur tertarik akan batiknya Bu Nani. Beberapa waktu kemudian, para donatur tersebut mendatangi rumah batik Berkah Lestari untuk belajar membatik.

Menurut Bu Nani, mulanya para ibu sudah memang sudah membatik, namun tidak mengetahui teknik pewarnaan yang baik hingga bagaimana memasarkannya. Hanya mentahanmentahan batik saja yang mereka produksi untuk dijual kepada pengepul kain batik. Hadirnya Dompet Dhuafa untuk membina ibu-ibu pembatik ini, kini mereka mampu memproduksi hingga mampu menjual secara mandiri baik offline maupun online. Semuanya pun mengaku mengalami peningkatan dari segi ekonomi.
Majalah Swara Cinta di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI