Tampilkan di aplikasi

Semai padi dengan sistem modern

Majalah Swara Cinta - Edisi 127
20 Mei 2022

Majalah Swara Cinta - Edisi 127

Dompet Dhuafa Lampung menggelar Pelatihan Persemaian Padi Sistem Modern kepada petani.

Swara Cinta
Dompet Dhuafa Lampung menggelar Pelatihan Persemaian Padi Sistem Modern kepada petani rakyat yang ada di Desa Pancasila, Natar, Lampung Selatan, belum lama ini. Pelatihan tersebut merupakan salah satu skema pendayagunaan dana Zakat, Infak, dan Sedekah guna meningkatkan kapasitas petani rakyat. Peserta merupakan para petani padi di desa tersebut. Peserta terlihat antusias mengikuti pelatihan semai padi sistem modern. Lebih spesifiknya tentang semai kering.

"Sistem persemaian padi modern adalah sistem persemaian padi dengan menggunakan teknik yg lebih modern. Semai modern ini adalah salah satunya sebagi penunjang penanaman padi menggunakan mesin penanam padi (transplanter). Namun tidak hanya menggunakan mesin, semai kering modern ini bisa juga di tanam secara konvensional," ujar Johan Listiyawan, Koordinator Program Dompet Dhuafa Lampung kepada Swara Cinta.

Dalam perkembangannya, lanjut Johan, persemaian modern dinilai lebih efektif dan efesien karena tidak hanya bisa dilakukan menggunakan tray yang biaya pembelian tray nya cukup mahal. Kalau untuk mengganti tray sistem semai kering ini bisa dilakukan dengan alat-alat yang ada di lingkungan kita. Alas menggunakan mulsa dan reng sebagai pembatasnya agar ukuran dapat dikontrol sesuai kebutuhan. Semai modern atau juga sering disebut semai kering tersebut merupakan implementasi strategi jitu guna percepatan tanam padi. Dengan sistem ini padi akan dapat di pindah tanam lebih cepat, yakni umur 13-15 hari.
Majalah Swara Cinta di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI