Tampilkan di aplikasi

Menanti evolusi lanjutan ponsel-ponsel andalan

Majalah TPLUS - Edisi 89
6 Maret 2018

Majalah TPLUS - Edisi 89

Dengan evolusi smartphone yang berlangsung cepat, Gadgetarian kini bisa memprediksi kemunculan ponsel-ponsel canggih atau andalan alias flagship para vendor setiap tahunnya.

TPLUS
Dengan evolusi smartphone yang berlangsung cepat, Gadgetarian kini bisa memprediksi kemunculan ponsel-ponsel canggih atau andalan alias flagship para vendor setiap tahunnya. Nah, pada tahun ini kita akan menyaksikan kemunculan para smartphone flagship ini dimulai pada bulan Februari ini, melalui ajang MWC 2018 yang digelar di Barcelona, Spanyol.

Beberapa vendor sudah terindikasi kuat akan merilis ponsel andalan mereka di ajang tersebut dan beberapa lainnya sudah ambil ancang-ancang untuk meluncurkan flagshipnya pada pertengahan tahun. Pabrikan seperti Samsung dan Asus misalnya, sudah terendus akan memanfaatkan ajang MWC 2018 untuk mengenalkan ponsel andalannya.

Kehadiran ponsel-ponsel flagship memang menarik untuk dinanti, bukan hanya sebagai incaran untuk menggantikan ponsel lama tapi juga sebagai rujukan tren yang akan terjadi. Seperti tahun lalu, saat Apple dan beberapa vendor lain merilis ponsel dengan desain layar “mepet” atau bezeless. Kini hampir semua ponsel baru menerapkan desain layar yang lebih luas dan meminimalkan area lain di sekitar layar.

Bagi para pabrikan, meluncurkan produk flagship menjadi agenda penting dalam bisnis mereka. Ini menjadi pertaruhan mereka untuk meraih kesuksesan dan menggaet konsumen sekaligus lambang prestise kemampuan mereka dalam meracik ponsel canggih. Meski bukan satu-satunya faktor yang menentukan, tapi kesuksesan produk flagship menjadi tolok ukur upaya sang vendor dalam menerjemahkan tren pasar smartphone.

Apple dan Samsung bisa menjadi contoh tepat dari kasus ini. Keberhasilan mereka membuat kejutan dengan ponsel-ponsel flagship-nya juga berbuntut keberhasilan mereka di pasar ponsel pintar. Karena itulah keduanya benarbenar serius menyiapkan “senjata” andalan di awal tahun untuk dikenalkan ke pasar.
Majalah TPLUS di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI