Tampilkan di aplikasi

Standar baru kamera Canon

Majalah TPLUS - Edisi 97
1 November 2018

Majalah TPLUS - Edisi 97

Sensor: Full frame, 30 megapixels, CMOS, resolusi maksimum 6720 x 4480

TPLUS
Banyaknya produk yang selama ini dimiliki Canon dari berbagai jenis ternyata belum lengkap. Karena meskipun sudah banyak lini produk kamera mirrorlessnya namun Canon belum memiliki kamera mirrorless full frame. Padahal kamera jenis ini sudah ada sejak lama bahkan Sony sebagai kompetitornya sudah memilikinya terlebih dahulu.

Hal ini bisa dipahami karena selama ini Canon memang membidik segmen pasar kelas menengah bawah untuk kamera mirrorlessnya. Sedangkan Sony memang menjadi penguasa di kamera mirrorless kelas atas atau premium. Dan kamera jenis full frame adalah kamera mahal. Kemunculan Nokia Z series sedikit banyak melecut Canon untuk mengeluarkan kamera jenis ini ke pasaran. Dan akhirnya seolah berlomba dengan waktu Canon akhirnya mengeluarkan EOS R yang merupakan mirrorless full frame pertamanya.

Kamera mirrorless identik dengan kamera kompak yang mudah dibawa dan juga ringan. Karenanya sejak EOS M hingga EOS M50 bodinya tak lebih dari telapak tangan orang dewasa. Beratnya pun tak ada yang lebih dari 400 gram sedangkan EOS R melihat bodinya saja sudah jauh berbeda diantara EOS M lainnya. EOS R memiliki bodi yang lebih besar dari EOS M lainnya dengan bentuk yang mirip kamera DSLR.

Bisa dibilang bodi EOS R keluar dari pakem mirrorless canon pada umumnya dan merupakan mirrorless Canon paling bongsor diantara lainnya. Namun jika dibandingkan dengan kamera DSLR pada umumnya, Canon EOS R sesungguhnya memiliki bodi yang tak sebesar kamera DSLR.

EOS R yang memiliki dimensi 136 x 98 x 84 mm ini masih nyaman untuk dibuat hunting foto dan tergolong ringan jika dibandingkan kamera DSLR lainnya. Jika dibandingkan dengan kamera DSLR, EOS R setara dengan Canon EOS 760D yang merupakan DSLR kelas menengah.
Majalah TPLUS di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI