Tampilkan di aplikasi

Nikon Z7, sensor besar harga sangar

Majalah TPLUS - Edisi 99
2 Januari 2019

Majalah TPLUS - Edisi 99

Bodinya yang cukup ringan tetap nyaman walau dioperasikan dengan satu tangan.

TPLUS
Persaingan kamera mirrorless full frame kini semakin ramai terutama di Indonesia. Setelah beberapa tahun kamera jenis ini dikuasai oleh Sony karena hanya dia yang eksis di pasar Indonesia. Namun pada pertengahan 2018 ini berturut-turut muncul Canon EOS R dan juga Nikon Z6 & Z7 meramaikan pasar ponsel mirrorless full frame di Indonesia. Nikon Z6 dan Z7 merupakan kamera dengan tipe yang sama namun memiliki kekuatan sensor yang berbeda.

Z6 memiliki sensor berkekuatan 24MP sedangkan Z7 menggunakan sensor dengan kekuatan 45MP. Kemunculan Nikon seri Z ini berada dalam bayang-bayang penghetian produksi Nikon 1. Nampaknya Nikon bakal fokus pada kamera mirrorless full frame ketimbang kelas menengah dan low end yang selama ini dikuasai Canon.

Nikon Z7 merupakan kamera dengan desain yang mengadopsi kamera DSLR Nikon pada umumnya. Penempatan tombol hingga bahan yang digunakan sama dengan kamera DSLR Nikon kelas atas. Hanya saja jika disandingkan dengan kamera DSLR kelas atas maupun merengan, Nikon Z7 memiliki bentuk yang lebih kompak dan ringkas. Bentuk yang kompak dan ringkas ini tergambar dari jarak antar tombol yang mudah dijangkau dengan satu tangan terutama oleh jempol dan telunjuk. Tombol shutter hingga tombol putar di dekat tombol shutter mudah dijangkau dengan telunjuk.

Bobot kamera yang 675 gr masih nyaman digunakan dengan satu tangan saat kita ingin mengambil gambar dengan angle tinggi. Z7 memiliki faktor ergonomis yang cukup baik terutama saat tangan kanan menggenggam kamera karena ukuran grip dan bahan karet yang melapisinya terasa nyaman saat digunakan.
Majalah TPLUS di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI