Tampilkan di aplikasi

Merdeka, menuhankan Allah semata

Majalah Wakaf Daarut Tauhid - Edisi 6
29 Mei 2019

Majalah Wakaf Daarut Tauhid - Edisi 6

Merdeka, menuhankan Allah semata

Wakaf Daarut Tauhid
Saudaraku, makna kemerdekaannadalah merdeka dari kemusyrikan, merdeka dari dijajah cinta dunia, diperbudak hawa nafsu, penilaianmakhluk, dan kemunafikan. Orang yang merdeka adalah orang yang bertauhidhanya menuhankan Allah semata. Patuh dan pasrah kepada-Nya.

Allah Azza wa Jalla mengabadikannasihat Luqman al-Hakim kepada putranya di dalam al-Quran, “Dan (ingatlah) ketikaLuqman berkata kepada anaknya, di waktu dia member pelajaran kepadanya, ‘Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan Allah adalah benar-benar kezaliman yang
besar,” (QS. Luqman [31] : 13).

Mari kita hijrah dari menuhankan harta kekayaan kepada hanya menuhankan Allah SWT semata. Allah Dzat Yang Maha Kaya lagi Maha Pemberi Rezeki. Hijrah dari sikap menuhankan jabatan dan kedudukan kepada hanya menuhankan Allah SWT. Dzat Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tidak sedikit manusia yang berpikir bahwa gelar akan bisa menyelamatkannya. Gelar akan memberikan rezeki kepadanya. Gelar akan memberikan kedudukan untuknya. Gelar pula yang akan memberikan kebahagiaan kepadanya. Jika gelar sudah dipertuhankan oleh seseorang, dijamin hidupnya tidak akan tentram. Dia tidak akanmemperoleh kesuksesan yang hakiki.

Gelar memang boleh disandang. Gelar juga baik untuk dimiliki. Namun, apabila gelar sudah dipandang sebagai sumber kemuliaan, sumber kesuksesan, sumber kebahagiaan, sumber kesejahtreraan, ini adalah sikap yang keliru. Bagi seorang muslim, sesungguhnya tidak ada kemuliaan kecuali bersumber dari Allah. Seorang muslim harus meyakini bahwa dunia hanyalah fasilitas untuk beribadah kepada Allah. Manusialah sang majikan, sedangkan kekayaan duniawi adalah sarana dan pelayanannya. Jangan sampai jadi terbalik, majikan diperbudak oleh pelannya.
Majalah Wakaf Daarut Tauhid di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI