Tampilkan di aplikasi

Berwakaf, solusi hindari cinta dunia

Majalah Wakaf Daarut Tauhid - Edisi 6
29 Mei 2019

Majalah Wakaf Daarut Tauhid - Edisi 6

KH. Abdullah Gymnastiar

Wakaf Daarut Tauhid
Berwakaf adalah salah satu dari sekian banyak amal baik yang dapat kita maksimalkan. dengan niat ikhlas lillaahi ta’ala niscaya jadi tabungan untuk kita. Karena tidak ada satupun perbuatan yang kita lakukan kecuali pasti akan kembali kepada kita sebagai pelakunya. Kita tidak pernah tahu besok lusa ada takdir apa untuk kita. Kita tidak tahu akan ada kesulitan seperti apa yang akan menimpa kita. Tapi jikalau kita senang melakukan kebaikan, itulah yang akan kembali kepada kita.

Alloh Swt. berfirman, “Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri..” (QS. Al Isro [17] : 7) Allah SWT juga berfirman, “Kamu sekalikali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai. Dan, apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Alloh mengetahuinya.” (QS. Ali ‘Imron [3] : 92) Dalam sebuah hadits qudsi Alloh Swt. berfirman, “Wahai anak Adam, bersedekahlah, niscaya Aku memberi rezeki kepadamu.” (HR. Abu Daud).

Saudaraku, berwakaf dapat menjadi jalan kita dicintai oleh Allah SWT, dan dihindarkan dari cinta dunia. Sebagian orang mungkin mengira bahwa jika ia kikir atau pelit, maka ia akan cepat kaya raya, hartanya akan bertambah dengan cepat jumlahnya. Padahal, sifat kikir justru merupakan penjara bagi dirinya. Tanpa disadari sifat kikir akan menghalangi dirinya dengan rezeki yang jauh lebih nikmat dan berkah.

Akan tetapi, jangan pula kita mengeluarkan wakaf dengan niat pamrih ingin mendapatkan balasan harta yang lebih banyak. Berwakaflah dengan niat ikhlas hanya mengharap rida Allah semata, demi agar Allah cinta kepada kita. Karena, sesungguhnya keridaan Allah akan mendatangkan berbagai karunia kepada kita dan dari berbagai jalan yang tidak kita duga sebelumnya. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan hidayah kepada kita sehingga kita bisa menjadi pribadi-pribadi yang ringan dalam berwakaf dengan ikhlas. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.
Majalah Wakaf Daarut Tauhid di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI