Tampilkan di aplikasi

Riset green CEO, seragam hijau para CEO

Majalah Warta Ekonomi - Edisi 08/XXVIII
28 Desember 2017

Majalah Warta Ekonomi - Edisi 08/XXVIII

CEO yang kuat dalam berpikir dan bertindak dalam bingkai “green” sangat penting. Warta Ekonomi menobatkan 24 CEO dalam Green CEO 2017.

Warta Ekonomi
Chief Executive Officer (CEO) memiliki peran penting dalam menjalankan bisnis. Namun, bukan perkara mudah bagi mereka untuk memastikan bisnisnya terus tumbuh dan berkembang secara keberlanjutan. Eksternalitas yang dilahirkan dari kegiatan perusahaan harus dikelola dengan baik. Jangan sampai dampak negatif seperti kerusakan lingkungan ataupun sosial mematahkan jalan bisnis perusahaan mencapai bisnis yang sustainable.

Justru dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan juga harus ditingkatkan. Dampak yang baik seperti memperluas peluang kerja hingga memajukan perekonomian masyarakat harus menjadi agenda perusahaan yang dieksekusi oleh CEO yang berwawasan bisnis berkelanjutan. Oleh karena itu, setiap perusahaan butuh peran pemimpin yang memiliki komitmen dalam menanggapi isu sustainability ini.

Warta Ekonomi sejak tahun 2012, melalui Warta Ekonomi Intelligence Unit (WEIU) telah melakukan riset Social Business Innovationdan pemilihan Green CEO. Riset ini memilih perusahaan yang melakukan program-program inovasi sosial untuk mencapai perusahaan yang sustainable dan pemimpin perusahaan yang layak mendapatkan predikat “hijau” dengan metode desk research.

Dalam riset Green CEO, aspek-aspek yang diprioritaskan sangat berbeda dengan Social Business Innovation yang lebih pada lingkungan. Riset ini tertuju pada pencarian pemimpin perusahaan terbaik di Indonesia yang dapat berhasil membawa perusahaan menuju perusahaan yang berkelanjutan (sustainable corporate).

Berdasarkan penilaiannya, WEIU pada tahun 2017 ini telah memperbaiki metode dari tahun sebelumnya. Indikator penilaian untuk menentukan Green CEO,antara lain Green Compliance, Green Action, Green Commitment, Green Policy, dan Green Vision. Dari kelima indikator tersebut, dilakukan desk research melalui media online atau pun publikasi masing-masing perusahaan selama 3 tahun terakhir.
Majalah Warta Ekonomi di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI