Tampilkan di aplikasi

Kenali hipertensi paru

Majalah Womens Obsession - Edisi 10/2018
23 Oktober 2018

Majalah Womens Obsession - Edisi 10/2018

Obat pelangsing mengeluarkan suatu zat bernama serotonin dan pada jumlah tertentu dapat menyebabkan pembuluh darah pada paru menyempit. / Foto : Istimewa

Womens Obsession
Bila mengalami sesak napas berkepanjangan dan pusing saat beraktivitas, kita patut waspada sebab ini merupakan salah satu gejala yang menjadi pertanda seseorang menderita hipertensi paru. Gejala umum dari penyakit ini antara lain sesak napas, biasanya terlihat ketika pasien melakukan aktivitas berat, bahkan bisa terjadi pada saat beristirahat.

“Hipertensi paru memang sulit didiagnosis pada tahap awal sebab sering tidak terdeteksi. Namun, bagi mereka yang mengalami sesak napas terus-menerus tanpa sebab yang jelas, harus segera memeriksakan kondisinya secara menyeluruh ke dokter,” jelas Prof. Dr. dr. Bambang Budi Siswanto, Sp.JP(K), spesialis jantung dari Rumah Sakit Harapan Kita.

Hipertensi paru adalah suatu kondisi adanya tekanan darah tinggi pada pembuluh kapiler, vena, dan arteri paru-paru. Berbeda dengan hipertensi biasa, pasien yang menderita penyakit ini biasanya sering mengalami sesak napas, pusing, dan pingsan. Hipertensi paru-paru dapat menyebabkan kondisi lebih parah yang dapat menyebabkan kemungkinan kondisi fatal, misalnya gagal jantung.

Ketika tekanan darah dalam paru-paru meningkat, jantung pasien bisa sangat menderita. Ventrikel kanan dapat menunjukan hipertrofi, sehingga jantung lebih sulit melakukan tugasnya. Hipertrofi kemudian bisa menyebabkan kondisi disebut cor pulmonale atau kegagalan ventrikel jantung kanan, area jantung yang semestinya menangani tekanan rendah.

Sedangkan, ventrikel kiri bertugas untuk memompa lebih banyak darah pada area yang membutuhkan. Akibatnya, ventrikel kanan tidak dapat melakukan pemompaan lebih banyak darah pada paru-paru sehingga gagal menyimpan oksigen dalam jangka panjang.
Majalah Womens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI