Tampilkan di aplikasi

Ritme Sirkadian penentu jam biologis tubuh

Majalah Womens Obsession - Edisi 71
29 Januari 2021

Majalah Womens Obsession - Edisi 71

Ritme Sirkadian

Womens Obsession
Tidur merupakan salah satu cara untuk melepaskan kelelahan jasmani dan mental. Memenuhi kebutuhan tidur salah satu bentuk upaya untuk mendapatkan tenaga dan semangat untuk melanjutkan hari berikutnya. Kualitas tidur yang baik adalah basic dari pikiran dan tubuh yang sehat. Tidur adalah proses yang diperlukan otak untuk membersihkan racun dan limbah metabolik, menyimpan memori dan dan mengisi ulang energi fisik. Semua makhluk hidup mempunyai irama kehidupan sesuai beredarnya waktu dalam siklus 24 jam. Irama yang seiring dengan rotasi bumi ini disebut sebagai ritme sirkadian.

Secara umum seseorang yang sehat diyakini memiliki irama sirkadian yang berkoordinasi menciptakan hubungan optimal antara berbagai macam organ dengan sistem fisiologis dan lingkungan dalam waktu tertentu. Jam biologis yang bertanggung jawab untuk koordinasi ini terletak di suprachiasmatic nuclei (SCN) dari hypothalamus dalam otak. The SCN mengirim sinyal ke seluruh bagian otak dan pada oskilator peripheral serta jaringan tubuh semua terjaga dengan baik.

Ritme sikardian memiliki beragam peran dalam tubuh. Antara lain memengaruhi siklus tidur, suhu tubuh, pencernaan, kebiasaan makan, pelepasan hormon, dan fungsi penting tubuh lainnya. Lambat atau cepatnya jam biologis tubuh dapat menyebabkan ritme sirkadian yang terganggu atau berjalan tidak normal. Ritme yang tidak teratur dapat meningkatkan risiko munculnya beragam kondisi kesehatan, seperti obesitas, gangguan tidur, diabetes, bahkan depresi dan gangguan bipolar.

Bagaimana jika ritme sirkadian terganggu? Seseorang yang mengalami gangguan ritme sirkadian akan kesulitan tidur di malam hari atau tidak bisa tidur nyenyak dan mudah mengantuk di siang hari.Padahal, tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting bagi kesehatan fisik dan mental kita. Hal ini berlaku pada orang-orang yang terbiasa begadang dan mengganti aktivitas mereka di siang hari menjadi malam hari.
Majalah Womens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI