Tampilkan di aplikasi

Indahnya desa wisata di Indonesia

Majalah Womens Obsession - Edisi 80
30 Agustus 2021

Majalah Womens Obsession - Edisi 80

Desa Penglipuran, Bali

Womens Obsession
Terdiri dari pulau-pulau yang indah, Indonesia tidak hanya memiliki panorama alam dan objek wisata menarik, tetapi juga sederet desa wisata yang bisa dikunjungi. Mempelajari adat istiadat, kerajinan tangan, dan menikmati makanan khas adalah sedikit dari banyaknya hal yang bisa dilakukan di desa wisata. Beberapa di antaranya bahkan masuk dalam jajaran 100 besar Destinasi Berkelanjutan di Dunia versi Global Green Destinations Days (GGDD). Berikut beberapa desa wisata di Tanah Air.

Desa Penglipuran, Bali Jika ingin mendapatkan nuansa yang asri dan jauh dari ingar-bingar, Desa Penglipuran sangat cocok menjadi pilihan. Salah satu alasannya adalah adanya aturan yang tidak memperbolehkan kendaraan, baik mobil ataupun motor masuk ke desa. Selain itu, nuansa adat Bali sangat kental terasa di desa ini. Bangunan tradisional khas Pulau Dewata juga bisa ditemukan di sana. Ditetapkan sebagai desa wisata pada 29 April 1993, Desa Penglipuran menjadi salah satu wilayah dalam jajaran 100 besar Destinasi Berkelanjutan di Dunia versi Global Green Destinations Days (GGDD). Tidak hanya itu, desa yang berada di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini kemudian juga pernah dinobatkan sebagai desa terbersih di dunia. Tak heran mendapat penghargaan Kalpataru pada tahun 1995.

Desa Pentingsari, Yogyakarta juga memiliki desa wisata yang masuk dalam jajaran 100 besar Destinasi Berkelanjutan di Dunia versi Global Green Destinations Days (GGDD), yaitu desa Pentingsari yang berlokasi di Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Selain menikmati indahnya pemandangan Gunung Merapi dari kejauhan, pengunjung juga bisa mengikuti kegiatan yang seru. Salah satunya adalah mempelajari tari Jawa dan karawitan. Membajak sawah, memanen padi, dan memancing pun bisa dilakukan di desa yang berjarak 22 km dari pusat kota Yogyakarta ini. Bahkan, jika pengunjung datang dalam jumlah banyak atau kelompok, pengelola menyediakan fasilitas outbond yang tak kalah seru.
Majalah Womens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI