Tampilkan di aplikasi

Tessa Wijaya, Bangun infrastruktur digital

Majalah Womens Obsession - Edisi 84
28 Desember 2021

Majalah Womens Obsession - Edisi 84

Tessa Wijaya CO-Founder dan COO Xendit

Womens Obsession
Dari bisnis sampingannya menjual pakaian batik melalui Instagram, Tessa Wijaya menyadari kesulitan pelaku usaha dalam melakukan pembayaran secara digital. Saat awal produk Xendit diluncurkan, banyak wirausaha belum dapat menemukan layanan pembayaran yang sesuai dengan standar yang mereka inginkan, seperti integrasi yang mudah dan cepat dengan pelayanan yang baik. Setelah berkarier selama tujuh tahun di industri keuangan dan bisa dibilang sudah cukup mapan, Tessa memutuskan terjun ke dunia start-up.

“Pertemuan saya dengan Moses Lo menyadarkan kami bahwa ada banyak kesempatan untuk meningkatkan kemajuan dalam infrastruktur digital. Melihat bagaimana majunya teknologi di negara lain, kami juga ingin membawa infrastruktur tersebut ke Indonesia. Kami percaya bahwa infrastruktur pembayaran digital yang maju dan memadai dapat membantu memberikan kemudahan, sekaligus menciptakan efektivitas bisnis, bagi para pelaku usaha di Indonesia,” ujarnya tentang alasan mendirikan Xendit pada 2015.

Start-up fintech ini menyediakan layanan berupa sistem pembayaran (payment gateway) untuk memudahkan proses transaksi pelaku bisnis, mulai dari UMKM, start-up, e-commerce, hingga perusahaan besar. Didukung beberapa venture capital terbesar di dunia, yang berinvestasi pada Facebook, Slack, Twitch dan Grab, serta sebagai alumni akselerator bergengsi YCombinator (S15), Xendit pun berkembang pesat.

Dalam waktu singkat, terjadi peningkatan total volume pembayaran hingga lebih dari 200% dari tahun ke tahun. Nilai pembayaran (TPV) yang diproses per tahunnya kini mencapai kisaran Rp128,4 triliun.

Grow fast, grow big Sebelum tahun 2020, Xendit memiliki beberapa pelanggan perusahaan dalam bidang travel berskala besar, sehingga efek dari beberapa bulan pertama selama pandemi cukup berdampak signifikan pada bisnis. Namun, karena terdapat digitalisasi yang cepat dan signifikan di Indonesia maupun Filipina, permintaan infrastruktur pembayaran digital Xendit meluas ke sektor-sektor baru.
Majalah Womens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI