Tampilkan di aplikasi

Puasa untuk pasien kanker

Majalah Womens Obsession - Edisi 111
26 Maret 2024

Majalah Womens Obsession - Edisi 111

Saat Ramadan, seluruh umat muslim menyambutnya dengan penuh kerinduan tanpa terkecuali, termasuk pasien kanker.

Womens Obsession
Saat Ramadan, seluruh umat muslim menyambutnya dengan penuh kerinduan tanpa terkecuali, termasuk pasien kanker. Sebenarnya, hukum Islam sendiri memberikan keringanan kepada orang yang sakit untuk tidak menjalankan puasa.

Meski begitu, tetap saja sebagai umat muslim, Anda mungkin ingin melaksanakan ibadah ini. Sebenarnya, pasien kanker boleh saja menjalankan ibadah puasa selama telah disetujui oleh dokter yang merawatnya.

Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan? Hal yang paling pertama harus dipersiapkan para pasien kanker yang hendak menjalani puasa tentu saja kondisi kesehatan. Konsultasikan ke dokter spesialis onkologi terkait kondisi Anda, pengobatan yang dijalani, dan efek samping yang mungkin muncul. Walau beberapa jurnal menyatakan berpuasa bisa bermanfaat bagi perawatan kanker, setiap pasien memiliki kondisi yang berbeda-beda. Misalnya saja, banyak pasien kanker yang mengalami malnutrisi.

Malnutrisi sendiri bisa berujung pada penurunan berat badan yang menyebabkan pasien akan merasakan kelelahan ekstrem. Dalam keadaan semacam ini, Anda mungkin tidak direkomendasikan untuk melakukan puasa Ramadan. Sebab, memaksakannya akan membuat proses penyembuhan justru menjadi lambat.

Selain berkonsultasi dengan dokter spesialis onkologi, penting juga untuk berdiskusi dengan ahli gizi. Saat berpuasa, waktu makan Anda dibatasi. Maka dari itu, makanan yang dikonsumsi haruslah memenuhi kebutuhan nutrisi. Makanan yang harus dikonsumsi sewaktu berbuka dan sahur sebaiknya mengandung gandum utuh, sayur dan buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Anda juga boleh mengonsumsi daging tanpa lemak, ikan, telur, dada ayam, dan produk susu rendah lemak dalam jumlah sedang sebagai salah satu asupan protein.
Majalah Womens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI