Tampilkan di aplikasi

Mural karya seni tertua

Majalah XY Kids - Edisi 21
29 Mei 2017

Majalah XY Kids - Edisi 21

Cara bikin mural hampir sama kayak graffi ti. Biasanya, sebelum kita menggambar di tembok, kita bikin dulu sketsa gambar di kertas. / Foto : Alvien

XY Kids
Mural sudah ada sejak zaman purba. Karya seni lukis pada dinding ini juga sering ditemui di ruang terbuka. Tembok-tembok seolah jadi kanvas bagi para seniman mural. Ternyata zaman dulu, karya mural enggak cuma ada di ruang publik, tapi juga ada di tempat ibadah, lo!.

Mutal itu..Menurut Kak Ade Darmawan, Direktur Ruangrupa, mural salah satu karya seni tertua. Bahkan keberadaannya lebih dulu ada andingkan graffiti, lo! “Kalau ngomongin mural, dari zaman manusia purba juga sudah ada mural. Ceplakan tangan di gua-gua purba itu bisa dibilang mural. Kalau sekarang, mungkin mural lebih dikenal sebagian wall painting, yang menjadikan tembok atau media besar lainnya sebagai pengganti kanvas,” ujar Kak Ade.

Karya murak dibuat di Sebelum populer seperti sekarang, mural banyak ditemui di tempat ibadah, lo! “Dulu banyak gereja-gereja yang dindingnya ada banyak mural. Kalau sekarang, mungkin kita lebih banyak melihatnya pada tembok pinggir jalan atau taman. Tapi sebenarnya, banyak ‘kanvas’ lainnya, kayak bus atau kereta juga banyak dibikin mural dengan gambar karakter lucu-lucu,” ucap Kak Ade.
Majalah XY Kids di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI