Tampilkan di aplikasi

Trend makanan sehat, kebutuhan atau sekedar gaya hidup?

Majalah YukMakan - Edisi 49
29 April 2019

Majalah YukMakan - Edisi 49

Smoothie bowl / Foto : Dok. Yukmakan & Dok. Istimewa

YukMakan
Secara umum, definisi makanan sehat adalah makanan yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh dan harus memiliki beberapa syarat beberapa diantaranya yaitu higienis, bergizi, dan berkecukupan atau seimbang. Tidak harus makanan mahal dan enak. Makanan sehat mengandung gizi seimbang, kaya akan serat dan zat yang dibutuhkan untuk perkembangan tubuh.

Sementara makanan yang higienis adalah makanan yang tidak terkena kuman atau zat yang dapat mengganggu kesehatan. Saat ini gerai-gerai penyedia makanan sehat perlahan namun pasti terus bertumbuh. Awal tahun lalu, Uber Eats dan GO-FOOD memaparkan prediksi makanan yang akan menjadi trend di tahun 2019.

Diprediksi makanan sehat akan mengalami pertumbuhan yang positif, saat ini kaum urban lebih peduli dengan kesehatan melalui asupan yang dikonsumsi. Kegiatan olah raga seperti lari dan triathlon menjadi kegiatan yang terus diminati sebagai salah satu pendukung gaya hidup sehat. Tak hanya itu, beragam cara diet pun diperkenalkan untuk mengajak orangorang agar lebih peduli dengan kesehatan.

Salah satunya dengan mengatur pola makan atau diet. Saat ini ada beragam diet yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh, mulai dari diet Mediterania, diet Keto, food combining, paleo, diet raw food, dan lainnya. Di Indonesia sendiri menerapkan konsep 4 Sehat 5 Sempurna untuk konsumsi sehari-hari. Dan itu juga merupakan kampanye yang dilakukan pemerintah sejak tahun 1955 untuk memberikan pemahaman pola makan yang benar.

Pada konsep ini, makanan dibagi atas 4 sumber nutrisi penting, yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayur-mayur, buah-buahan, dan disempurnakan dengan susu bila mampu, sehingga menjadi 5 sempurna. Konsep ini menekankan pentingnya 4 golongan makanan berupa sumber kalori yang berfungsi sebagai sumber tenaga, protein untuk pembangun, sayur dan buah sumber vitamin dan mineral untuk pemeliharaan.
Majalah YukMakan di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI