Tampilkan di aplikasi

Buku Adab hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Dialektika Dosen Indonesia Dalam Menyikapi Covid-19

Kajian Komunikasi, Psikologi, Pendidikan, Linguisik, dan Agama/Dakwah

1 Pembaca
Rp 100.000 10%
Rp 90.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 270.000 13%
Rp 78.000 /orang
Rp 234.000

5 Pembaca
Rp 450.000 20%
Rp 72.000 /orang
Rp 360.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Fokus bookchapter para dosen Indonesia di sini bukan “hasil” tetapi “proses”. Jangan pikirkan tulisan ini akan lengkap dan komprehensif sebagai karya ilmiah. Perbedaan disiplin, perspektif, latar belakang, pendidikan, gaya penulisan menjadikan warna dan tidak mengikat satu sama lain, tapi visi dan misi para dosen tetap sama: mentransmisikan pesan kebajikan dan kebijaksanaan bagi umat.

Lebih dari itu, bookchapter ini bukan untuk suatu prestasi, tapi sekedar ingin memotivasi dan menginspirasi banyak kalangan, sehingga layak dan terbuka dari kritikan dan masukan konstruktif apa pun−implementasi kebebasan berpendapat dan berwacana secara dialektis.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Ellys Lestari Pambayun / Nurhayani Saragih / Cevi Mochamad Taufk / Achmad Fachrudin / Dr. Lalu Sulaiman, S.K.M., M.Kes. / Sunarto Prayitno / Wiwik Maryati, S.Sos., M.S.M. / Triana Rosalina Noor, M.Psi., / Aas Siti Solichah / Eko Sudarmanto / Agusriani Muzayanah, M.Ag. / Muhammad Irfan Ardhani / Erta Mahyudin, Lc., S.S., M.PdI / Topikurohman, M.A. / Abdul Jamil Wahab, S.Ag., M.Si / Nani Nurhasanah
Editor: Ellys Lestari Pambayun

Penerbit: Adab
ISBN: 9786236233788
Terbit: September 2021 , 222 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Fokus bookchapter para dosen Indonesia di sini bukan “hasil” tetapi “proses”. Jangan pikirkan tulisan ini akan lengkap dan komprehensif sebagai karya ilmiah. Perbedaan disiplin, perspektif, latar belakang, pendidikan, gaya penulisan menjadikan warna dan tidak mengikat satu sama lain, tapi visi dan misi para dosen tetap sama: mentransmisikan pesan kebajikan dan kebijaksanaan bagi umat.

Lebih dari itu, bookchapter ini bukan untuk suatu prestasi, tapi sekedar ingin memotivasi dan menginspirasi banyak kalangan, sehingga layak dan terbuka dari kritikan dan masukan konstruktif apa pun−implementasi kebebasan berpendapat dan berwacana secara dialektis.

Ulasan Editorial

"Pengelolaan bencana otou disebut juga dengan mitigasi sama tuanya dengan umur manusia. Artinya bencano itu okon selalu ada dan tidak mungkin bisa dihindarkan apalagi dihilangkan. Manusia dituntut untuk mampu mengelola dampak dari bencana karena manusia harus menjalani hidupnya sehari-hari. Koryo bookchopter soudora Abd Jamil Wahab ini mengajak kita untuk hidup berdampingan dengan Badan bencana agar dampak buruk dari bencana bisa dikurangi. Caranya dengan memampukan masyarakat untuk dopot mengelola sendiri bencana tersebut."

Kepala Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan, Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI / Prof. Dr. Mohammad Adlin Sila, Ph.D.

"Tulisan singkat dalam bookchopter ini memuat hal yang cukup mendasar tentang keberadaan Covid-19 dari sudut pandang masyarakat. Covid-19 bukon semoto-moto dilihat dari sudut pandang medis akon tetopi menyangkut isu politik, sosial ekonomi, budaya dan religi. Adanya isu tentong konspirasi keberadaan Covid-19 melahirkon hooks yong membuat pemahaman masyarakat menjodi terbelah Akibotnya, dalam persepsi masyarakat, keberadaan Covid-19 seakan antara 'add dan tiada sehinggo berakibat pada rendahnya tingkat peneropon protokol kesehoton di masa pandemi"

Rektor Universitas Qamarul Huda Badaruddin/Uniqhba-NTB / Drs. H. Lalu Azhari, M.Pd.1.

"Sudut pandang Cevi Mochamad Toufik sebagai penulis bookchapter ini melihat dikotomi persepsi yang ada di masyarakat cukup jeli. Semburan informasi dari berbagai media mempengaruhi sudut pandang masyarakat yong dopat memposisikan sikop terhodop pandemi yang tengah melondo beberapa koto di indonesia"

Wakil Rektor I Universitas Kebangsaan Republik Indonesia/Unkri Bandung / Dr. Marwoto, S.T., MT.

"Setiap waktu pastilah akan terbit sebuah artikel ataupun buku yong memberikan arahan dan mengubah perilaku pada pembacanya. Ini yang telah dilakukan artikel karya Wiwik ini. Pesan-pesannya yang ditulis berdasarkan fenomeno motivasi kita untuk selalu mowas terhadap diri kita memproteksi pado kebiasaan hidup halol (baik, bersih, sehat). Suatu ketika dengan membaca bookchapter ini akan terbangun kekinian kuat untuk menulis dengan kajian yang berbeda

Kepala LPPM Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang / Dr. Mah. Yahya Ashari, M.Pd.

"Ucapan terimakasih yang tak terhingga dengan diangkanya tema tentang Aksi Cepat Tanggap (ACT) dalam bookchapter "Dialektiko Dosen Indonesia dalam Menyikopi Pandemi Covid-19. Kajian Komunikasi, Kesehatan, Pendidikan, dan Agamo, agar aktivitas dan pengabdian ACT semakin dikenal luas, khususn- ya dalam dunia ilmiah Kepada para penulis (Agustriani Muyazanog, MA dan Muhammad Muhammad irfan Ali 51 soya ucapkan selomot atas tulisannya, semoga ACT sebogol lembaga yang bergerak di bidang kebencanaan dan kemanusiaan dengan berbogal problemnya dopat mewakili langkah-langkah kami. Sekali lagi sebogol salah satu pimpinan ACT Indonesio komi sangat sangat senang dan memberi kan apresiosi atas karya buku ini

Komandan Nasional DERM-Divisi Khusus Penanganan Bencana Alam/Rescue ACT / Kusmayadi

"Cukup menarik simpulan penelitian yang dilakukan Ahmad Fohruddin ini yang menyebutkan penyebab otou kendala penanganan pandemi Cavid-19 di Indonesia khususnya di Jakarta, bukan hanya karena faktor komunikasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, melainkan dan terutama dikontribusi faktor odonyo krisis komunikasi di kolongan sejumlah pejabat politik di tingkat pusat. Karenanya, hasil peneli- tion dalam bookchapter ini sangat penting untuk dikaji, direnung dan dipertimbangkan guna per balkan komunikasi dalam penanganan pandemi Covid-19 di masa sekarang dan nanti."

Pakar Politik, Dosen Universitas Al-Azhar Indonesia / Dr. (Can) Ujang Komarudin, M.Si.

"Covid-19 menjodi mimpi buruk bagi masyarakat Indonesia, khususnya warga Depok (Kelurahan Grogol dan Rangkapan Joya), dan hingga kini terindikasi belum ada perubahan perilaku masyarakat atas berb opol informasi dari Pemerintah Menggunakan Innovation-Decision Process don The Foote, Cone & Beld- ing FCB) Grid, Sunarto Proyitno dolom bookchopter ini berusaha membedah peran penyebaran infor- mosi penanggulangan Covid-19 dari pemerintah dan hambatannya dalam suasana new normal Menurutnya, pemerintah perlu melakukan kamponye yang didosorkon podo logika (bukan emosi) don dilakukan secorp terus-menerus

Ketua Dewan Redakai Cover Age / B. Helpris Estaswara, M.Si

Pendahuluan / Prolog

Sambutan
Dengan memanjatkan rasa syukur ke hadirat Allah Swt, berkat rahmat dan karunia-Nya buku sehingga bookchapter yang ditulis oleh para dosen berbagai perguruang tinggi di Indonesia dengan judul:”Dialektika Dosen Indonesia dalam Menyikapi Covid-19: Kajian Komunikasi, Psikologi, Pendidikan, Linguistik, Agama/ Dakwah”, telah berhasil diselesaikan dan diterbitkan. Salawat dan salam semoga tercurah kepada Rasulullah saw yang telah menunjukkan jalan kebaikan dengan menyampaikan kabar gembira dengan bijak.

Alhamdulillah, kehadiran bookchapter ini merupakan salah satu wujud kepedulian para dosen dalam menyikapi dan merespons kehadiran pandemi Covid-19 dalam berbagai perspektif, mulai dari komunikasi, kesehatan, pendidikan, hingga agama.

Kehadiran buku ini bisa menjadi referensi mahasiswa, akademisi, peneliti, dan peminat ilmu, dan salah satu sumber informasi pada masyarakat dalam menyikapi secara bijak dalam menyikapi pandemi yang sampai hari ini belum dapat teratasi dengan baik.

Tidak bisa dipungkiri bahwa dengan adanya Covid-19 ini banyak sekali hikmah yang bisa dipetik, namun untuk bisa segera mengatasi pandemi adalah dengan melaksanakan kewajiban sebagai suatu ikhtiar yang harus dilakukan berdasarkan kerangka berpikir yang logis dan ilmiah.

Apresiasi setingi-tingginya kita berikan kepada para dosen dari berbagai disiplin ilmu ini yang telah berpartisipasi dan menghasilkan sebuah bookchapter yang sangat bermanfaat dan luar biasa ini.

Kepada para penulis, penerbit, dan semua pihak yang telah menyusun dan menyelesaikan hingga terbitnya bookchapter ini, kami mengucapkan :”Selamat dan Sukses”! Semoga segala usaha dan jerih payah yang telah dilakukan membawa amal kebaikan dan manfaat sebesar-besarnya bagi umat, bangsa dan negara.

Penulis

Nurhayani Saragih - Nurhayani Saragih, lulusan Institut Sosial dan Politik (IISIP) tahun 1992, Program Magister Prodi Ilmu Komunikasi UI (2000), dan Program Doktoral Ilmu Komunikasi UNPAD (2012). Ia, telah mengajar selama 20 tahun, mulai di IISIP, Universitas Paramadina, sampai kini menjadi dosen tetap Fikom Universitas Mercu Buana Jakarta. Tulisannya termuat di berbegai jurnal nasional dan internasional. Bersama keluarga ia kini tinggal di Kota Bogor. Nurhayani bisa dihubungi di nurhayani.saragih@mercubuana.ac.id
Cevi Mochamad Taufk - Cevi Mochamad Taufk lahir di Bandung, 10
September 1969. Kini dia menjadi dosen di
Univesitas Kebangsaan Republik Indonesia. Taufk
juga bergiat sebagai penulis di jurnal ilmiah dan
beberapa buku, antara lain: “Literasi Media di
Era Chaos Informasi”, “Book Series Jurnalisme
Kontemporer Bisnis dan Etika dalam Jurnalisme”,
dan yang sedang menunggu terbit, “Perempuan
dan Media: Strategi Media di Era Posttruth”. Ia tinggal di Kompleks
Wartawan Kabupaten Bandung.
Achmad Fachrudin - Achmad Fachrudin meraih gelar S-1 dari
Fakultas Dakwah Intitut PTIQ Jakarta dan
S-2 di Jurusan Otonomi Daerah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Pengalaman bekerja di media dilaluinya
antara lain di Harian Jayakarta, Terbit,
Tabloid Pendidikan Prestasi, Tabloid Abadi,
Suara Rakyat, Majalah Islam Barokah,
Pemimpin Redaksi Jurnal Demokrasi, Pemimpin Redaksi Majalah
Corong, dan lain-lain. Seusai menggeluti dunia pers, dia terjun di
lembaga swadaya masyarakat (LSM) dengan antara lain memimpin
Jakarta Governance Watch (JGW), Koalisi LSM Jakarta (Kalista),
Institute for Information and Development Studies (INSIDES),
Managing Editor PT Amanah Nusantara, Wakil Direktur Pusat Studi
Betawi Universitas Islam As-Syafiyah, tenaga ahli Pimpinan DPRD
DKI Jakarta, anggota dan Ketua KPU Jakarta Selatan (2003-2007 dan
2007-2012) serta anggota Bawaslu DKI (2012-2017).
Dr. Lalu Sulaiman, S.K.M., M.Kes. - Dr. Lalu Sulaiman, S.K.M., M.Kes. Lahir di
Lombok Tengah tanggal 31 Desember 1963.
Riwayat pendidikan: Akademi Gizi Malang
(1994), S-1 Kesehatan Masyarakat Unair (2000),
S-2 IKM UGM (2005), S-3 Ilmu Kesehatan Unair
(2017). Saat ini bertugas sebagai dosen dpk di
Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu,
Lombok Tengah, NTB. Karya tulis yang pernah
dihasilkannya adalah “Merarik, Dimensi Sosial
Budaya Pernikahan Dini di Kabupaten Lombok Tengah, Prosiding
Simposium Nasional Kesehatan Masyarakat Ke-1”, Public Health
Challenges in The Future Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair 2015,
Myths of Obstructed Labor and The effect on Confnement Favor
Seeking Effort Among Sasak Communities in The Lombok Island (2016),
International Journal Of Science Basic And Applied Research (IJSBAR)
ISSN 2307-4531 (Print & Online), Merarik Culture in Connection with
Early Marriage and Divorce on Community of Sasak Lombok Isand
West Nusa Tenggara Province (2016), “Samanm Group of Research
Publications, Ritual Tolak Bala dalam Penanggulangan Edeh (Campak)
pada Masyarakat Sasak Lombok”, book chapter dengan judul
“Menolak Wabah” Penerbit Ombak Yogyakarta 2020, “Faktor yang
Mempengaruhi Kepatuhan Masyarakat dalam Melaksanakan Protokol
Covid-19 di Kabupaten Lombok Tengah NTB” (Jurnal Penelitian
Kesehatan Suara Forikes, 2021. Sinta 3). Yang bersangkutan bisa
dihubungi di: sulaimanlalu@gmail.com
Sunarto Prayitno - Sunarto Prayitno, Lahir di Semarang, 12
Nopember 1951. Lulus S1 dari Jurusan Publisistik
(Ilmu Komunikasi) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu
Politik, Universitas Diponegoro, Semarang (1981).
Lulus S2 dari Departemen Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas
Indonesia (2008). Berkarir di industri periklanan/
komunikasi pemasaran sejak 1981 sampai
sekarang. Mengajar di Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia (1982-2012)
sebagai dosen tidak tetap, pernah menjabat Koordinator Jurusan
Periklanan, dan Associate Senior Researcher Pusat Kajian Komunikasi
(PUSKAKOM) FISIP UI.Mendirikan ‘Institut Teknologi Komunikasi
Pemasaran’ (LPKP/ITKP) tahun 1991/1996. Media Consultant pada
United Nations Population Fund (UNFPA), untuk BKKBN (1991-
1994). Sebagai peneliti untuk lembaga-lembaga: PERUMNAS, Bank78
Dialektika Dosen Indonesia dalam Menyikapi Covid-19
BNI, Kementerian Kesehatan, Badan Pengawas Obat dan Makanan
(BPOM), Japan International Corporation Agency (JICA), dan beberapa
perusahaan swasta. Menulis artikel di beberapa harian (Kompas,
Merdeka, Republika), majalah, proceedings, bookchapter, dan jurnal
nasional dan internasional. Menulis buku teks (bersama Prof. Rudy
Harjanto) berjudul: Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu:
Integrated Marketing Communications Management (2017)
Wiwik Maryati, S.Sos., M.S.M. - Wiwik Maryati, S.Sos., M.S.M. lahir di
Jombang pada 25 Maret 1975. Ia adalah dosen
di Program Studi Administrasi Bisnis Universitas
Pesantren Tinggi Darul Ulum (UNIPDU) Jombang.
Menyelesaikan pendidikan sarjana (S1) pada
Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya
Malang (1997) dan Magister (S2) Ilmu Manajemen
di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Airlangga (2011). Beberapa karya ilmiah baik berupa pemikiran
konseptual maupun studi empiris dalam bidang manajemen,
perilaku konsumen maupun kewirausahaan telah dipublikasikan
melalui konferensi, jurnal maupun buku, antara lain: Manajemen
Pemasaran: Konsep dan Aplikasinya (2018). Ia dapat dihubungi di
wiwikmaryati75@gmail.com
Triana Rosalina Noor, M.Psi., - Triana Rosalina Noor, M.Psi., yang lahir di
Banjarmasin, 16 September 1982, adalah dosen
tetap di STAI An-Najah Indonesia Mandiri Sidoarjo.
Saat ini sedang dalam proses studi S-3 di Program
Pascasarjana Universitas Islam Malang. Di tengah
kegiatan sebagai tenaga pengajar, dia masih
menjalankan profesinya sebagai psikolog pada
kegiatan konseling psikologi, menjadi pembicara
kegiatan parenting serta menjadi trainer pada beberapa pelatihan.
Beberapa tulisannya telah dimuat di berbagai jurnal ilmiah, buku, dan
media massa. Dia bisa dihubungi di trianarosalinanoor@yahoo.com.
Aas Siti Solichah - Aas Siti Solichah, lahir di Pandeglang, 21 Desember
1981. Lulusan sarjana (S1) dari Fakultas PAIIAIN
Sultan Maulana Hasanuddin Banten (2004), magister
(S2) dari Program Studi Manajemen Pendidikan
Islam Institut PTIQ Jakarta (2016), dan doktoral (S3)
dari program studi Pendidikan Berbasis Al-Qur’an
Insitut PTIQ Jakarta (2019).Kini ia menjadi Ketua104
Dialektika Dosen Indonesia dalam Menyikapi Covid-19
Yayasan BILQIS Center Indonesia dari tahun 2015-Sekarang dan
beberapa lembaga yang concern dalam bidang pendidikan dan
keluarga. Karir akademiknya dengan menjadi dosen tetap di Fakultas
Tarbiyah Institut PTIQ sejak tahun 2017 dan Ketua LPPM Institut PTIQ
Jakarta (2021). Buku yang pernah terbit dengan judul Apresiasi AlQur’an terhadap Perempuan dalam Peran domestik dan Publik dalam
“Melangitkan Manusia” (Antologi, Penerbit PTIQ Press, 2019). Ia bisa
dihubungi di salichah@gmail.com.
Eko Sudarmanto - Nama lengkap Eko Sudarmanto, lahir di Boyolali,
12 Maret 1970, anak kedua dari pasangan Dulkarim
(alm.) dan Sunarti. Saat ini penulis sedang
menyelesaikan pendidikan program doktoral di
Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran (PTIQ)
Jakarta, Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.
Pendidikan sebelumnya, Pascasarjana Universitas
Muhammadiyah Tangerang (UMT) Program
Studi Magister Manajemen (2009-2012), Sarjana
Akuntansi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah
Jakarta (1997-2000), Akademi Akuntansi Muhammadiyah (AAM)
Jakarta (1992-1996), SMA Negeri Simo Boyolali (1985-1988), SMP
Muhammadiyah VI Klego Boyolali (1982-1985), dan Madrasah
Ibtidaiyah Islamiyah (MII) Jaten Klego Boyolali (1976-1982). Kegiatan
penulis saat ini adalah dosen tetap Fakultas Ekonomi dan Bisnis di
Universitas Muhammadiyah Tangerang [UMT] Indonesia. Sebelumnya
penulis cukup lama sebagai praktisi di dunia perbankan (>20 tahun).
Alamat email: ekosudarmanto.umt@gmail.com .
Agusriani Muzayanah, M.Ag. - Agusriani Muzayanah, M.Ag. lahir di Kediri,
17 Agustus 1973, merupakan lulusan dari STAI
Hasanuddin Pare-Kediri (S-1) dan Institut PTIQ
Jakarta (S-2). Sekarang ia menjadi dosen di
Fakultas Dakwah, Prodi Manajemen Dakwah
Institut PTIQ Jakarta. Bukunya yang pernah
terbit: Kaum Perempuan dan Reproduksi
Manusia. Di luar mengajar, Agustriani adalah
founder Bintang Research (PT Bintang Elsyam
Aditama) yang banyak meneliti masalah marketing dan analisis
perilaku konsumen. Kini ia tinggal di Jln. Legoso Raya 34 Ciputat
Tangerang Selatan. Kontak yang bisa dihubungi di agustriani@ptiq.
ac.id dan agustriani.wahyu@gmail.com.
Muhammad Irfan Ardhani - MUHAMMAD IRFAN ARDHANI. Memiliki ketertarikan terhadap studi politik luar negeri dan pascakolonial dalam hubungan internasional. Saat ini sedang menekuni strategi middle power Indonesia dalam memengaruhi regional order. Dosen di Departemen Ilmu Hubungan Internasional, FISIPOL UGM dan peneliti di Pusat Studi Perdagangan Dunia (PSPD) UGM.
Erta Mahyudin, Lc., S.S., M.PdI - Erta Mahyudin, Lc., S.S., M.PdI adalah dosen
tetap di Fakultas Agama Islam Universitas Islam
Jakarta (UIJ). Pendidikan Magister (S2) nya dari
Program Studi Pendidikan Islam Universitas
Islam Jakarta. Selain itu, aktif mengajar di
Lembaga Belajar Ilmu Al-Qur’an (LBIQ) Jakarta di
bawah naungan Kemenag RI. Kini, ia tinggal di
Perumahan Reni Jaya Baru Pamulang Tangerang
dan dapat dihubungi di 087877979511 (hp) dan
email erta@uid.ac.id, erta.mahfr@gmail.com.
Topikurohman, M.A. - Topikurohman, M.A. lahir di Tegal, 2 Maret
1970. Pendidikan: S-1 IIQ Wonosobo (Prodi
PPAI), S-2 Univ. Al-Azhar Kairo (Prodi Dakwah
dan Kebudayaan Islam), S-3 Institut PTIQ Jakarta
(Prodi IAT, dalam proses penyelesaian studi). Kini
ia menjadi Dekan Fakulatas Dakwah Institut PTIQ
Jakarta. Bukunya yang telah terbit, Perbandingan
Studi di Mesir dan Indonesia (KBRI Kairo 2006).
Ia juga menulis di jurnal ilmiah. Aktivitas di luar bidang akademik:
sebagai Kordinator Bidang Dakwah dan Ukhuwah IPHI Pusat. Tinggal
di Rawakalong, Gunung Sindur, Bogor. Dapat dihubungi di: WA
081298727865, e-mail: topikurohman@ptiq.ac.id.
Abdul Jamil Wahab, S.Ag., M.Si - Abdul Jamil Wahab, S.Ag., M.Si sehari-hari
bekerja sebagai peneliti madya di Badan
Litbang dan Diklat Kementerian Agama. Ia
lahir di Cirebon, 3 Januari 1970. Lulus dari SD
melanjutkan ke madrasah tsanawiyah dan
madrasah aliyah di Buntet Pesantren Cirebon.
Selanjutnya meneruskan pendidikan S-1 di
Institut Agama Islam Al-Aqidah (IAIA) Jakarta
dan S-2 di Pascasarjana Kajian Timur Tengah dan Islam Universitas
Indonesia (UI). Saat ini menempuh pendidikan S-3 di Program Studi
Doktor Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Konsentrasi Ilmu Tafsir, di PTIQ
Jakarta.

Daftar Isi

Cover
Hak Cipta
Kata Pengantar
Sambutan
Daftar Isi
Penerapan Komunikasi Suportif Satgas Penanganan Covid-19 Di Wilayah Bogor
     Pendahuluan
     Pembahasan
     Simpulan
     Daftar Pustaka
     Biografi Penulis
Modifikasi Nilai Kebenaran Versi Media Pada Pemberitaan  Covid-19
     Pendahuluan
     Pembahasan
     Simpulan
     Daftar Pustaka
     Biografi Singkat
Komunikasi Krisis Gubernur Dki Jakarta Anies Baswedan Dalam Penanganan Darurat Covid-19 Di Dki Jakarta
     Pendahuluan
     Pembahasan
     Simpulan
     Daftar Pustaka
     Biografi Penulis
Diskursus Komunikasi Publik:  Menyikapi Covid-19 “Antara Ada Dan Tiada”
     Pendahuluan
     Pembahasan
     Simpulan
     Daftar Pustaka
     Biografi Penulis
Peran Informasi Pemerintah Dan Tindakan Masyarakat (Studi Kasus: Penyebaran Informasi Covid-19 Di Kelurahan Grogol Dan Rangkapan Jaya, Kota Depok)
     Pendahuluan
     Pembahasan
     Simpulan
     Daftar Pustaka
     Biografi Penulis
Efektivitas Halal Awareness  Melalui Media Sosial Pada Masyarakat Di Masa Covid-19
     Pendahuluan
     Pembahasan
     Simpulan
     Daftar Pustaka
     Biografi Penulis
Perilaku Prososial Masyarakat Surabaya: Sebuah Refleksi Di Tengah Covid-19
     Pendahuluan
     Pembahasan
     Simpulan
     Daftar Pustaka
     Biografi Singkat Penulis
Mengembalikan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Rumah Pada Masa Pandemik Covid 19
     Pendahuluan
     Pembahasan
     Daftar Pustaka
     Biografi Penulis
Memaknai Sosial Distancing  Secara Sosiolingiustik
     Pendahuluan
     Pembahasan
     Simpulan
     Daftar Pustaka
     Biografi Penulis
Berkomunikasi Dengan Covid-19  Melalui Pendekatan Spiritual  (Musibah, Muhasabah, Mahabah)
     Pendahuluan
     Pembahasan
     Simpulan
     Daftar Pustaka
     Biodata Penulis
Penanganan Aksi Cepat Tanggap (Act) Pada Covid-19 Melalui Komunikasi Organisasional Berbasis Islam
     Pendahuluan
     Pembahasan
     Simpulan
     Daftar Pustaka
     Biografi Penulis
Komunikasi Religi Pada Penanganan  Covid-19 Melalui Tafsir Al-Munīr
     Pendahuluan
     Pembahasan
     Simpulan
     Daftar Pustaka
     Biografi Penulis
Pendekatan Kesiapsiagaan Bencana  Berbasis Masyarakat (KBBM) Dalam  Menghadapi Covid-19
     Pendahuluan
     Pembahasan
     Simpulan
     Daftar Pustaka
     Biografi Penulis
Penanganan Aprehensi Komunikasi  Pada Perempuan Muslim Di Masa Pandemi Corona
     Pendahuluan
     Pembahasan
     Simpulan
     Daftar Pustaka
     Biografi Penulis
Cover Belakang