Tampilkan di aplikasi

Gunung di bawah laut

Majalah Adzkia - Edisi 185
1 Desember 2021

Majalah Adzkia - Edisi 185

Gunung bawl laut

Adzkia
Gunung berapi tidak hanya ada di daratan, lho! Di bawah laut ada juga gunung berapi yang aktif dan pernah erupsi atau meletus. Beberapa gunung berikut ini adalah contohnya!

Gunung Axial berada di perairan Samudera Pasifik, di lepas pantai Oregon, Amerika Serikat, pada kedalaman 1.410 meter di bawah permukaan laut. Tinggi gunung ini sekira 1.100 meter dari dasar laut. Gunung ini terakhir kali mengalami erupsi pada tahun 2011. Uniknya, setelah mengalami erupsi, terbentuklah lapisan kaca akibat lava bersuhu 1.100 derajat Celcius bersentuhan dengan air laut yang beku. Erupsi terakhir terjadi pada tahun 2015.

Gunung West Mata terletak di perairan Samudera Pasifik, antara negara Fiji dan Samoa. Berada 1,3 km di bawah permukaan laut dengan luas sekira 6 kilometer. Gunung West Mata tergolong gunung berapi bawah laut yang paling aktif. Pada 4 Juli 2009, letusan gunung berapi bawah laut terdalam itu berhasil direkam oleh robot kapal selam milik Amerika Serikat.

Gunung Loihi berada di perairan Hawaii, Samudera Pasifik, pada kedalamam 915 meter di bawah permukaan laut. Gunung berapi ini masih aktif, dengan erupsi terakhir terjadi pada Agustus 1996.

Gunung Kick ‘Em Jenny adalah gunung berapi aktif bawah laut yang terletak 8 km di lepas pantai utara Grenada, di Kepulauan Karibia. Tingginya mencapai 1300 meter dihitung dari dasar laut. Pada 1939, gunun gini mengalami erupsi besar. Awan letusan naik hingga 275 meter di atas permukaan laut.
Majalah Adzkia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI