Tampilkan di aplikasi

Menyambut target tinggi produksi padi

Majalah Agrina - Edisi 296
13 Februari 2019

Majalah Agrina - Edisi 296

Pertanaman padi dengan cara tanam jajar legowo kotak di Subang, Jabar

Agrina
Tahun ini, Kementerian Pertanian menargetkan produksi padi nasional mencapai 84 juta ton gabah kering giling (GKG). Keberanian dalam mengambil sasaran tersebut tak lepas dari capaian 2018 yang diklaim berhasil melampaui target. Dilihat dari data yang disajikan Kementerian Pertanian, tren produksi dan produktivitas padi selalu meningkat dari tahun ke tahun. Catatan Kementerian Pertanian, produksi padi menyentuh 83,04 juta ton GKG atau setara dengan 48,3 juta ton beras pada 2018.

Sementara targetnya adalah 80 juta ton GKG atau setara dengan 46,5 juta ton beras pada tahun yang sama. Berdasarkan angka ini, Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian, Sumarjo Gatot Irianto mengatakan, surplus beras masih terjadi ketika dilihat dari besaran konsumsi beras yang berada di angka 30,4 juta ton.

Meskipun begitu, mengingat data tersebut bersifat nasional, Gatot tidak memungkiri adanya kekurangan pada daerah tertentu,. “Tentu jika diturunkan data nya spesifik perdaerah dan periode tertentu ada yang kekurangan, tapi bisa ditutupi dari daerah lain yang punya kelebihan produksi. Hal ini akan sangat terekait dengan masalah distribusi,” imbuh dia di Gedung Pusat Informasi Agribisnis (PIA) Kementerian Pertanian, Jakarta, Jumat (11/1).

Strategi Kementan Menjaga Produksi Beras

Angka produksi yang ditargetkan pemerintah memang jauh lebih tinggi ketika mengacu koreksi data produksi beras keluaran Badan Pusat Statisktik (BPS). Oktober tahun lalu, BPS melansir data prediksi produksi padi yang sudah diperbaiki dengan metode Kerangka Sampel Area (KSA) sebanyak 56,54 juta ton GKG beras. Jumlah ini setara 32,42 juta ton beras, jauh di bawah angka yang dikeluarkan Kementantersebut.
Majalah Agrina di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI