Melalui mekanisasi tingkatkan produksi dan mutu jagung

Majalah Agrina - Edisi 302
8 Agustus 2019

Majalah Agrina - Edisi 302

REINER ATTO, mekanisasi menghemat biaya operasional 20%-30%

Agrina
Salah satu upaya untuk meningkat - kan produksi dan mutu jagung ada - lah penggunaan alsintan modern (mekanisasi). Penggunaan alsintan modern dapat menekan kehilangan hasil panen (losses) sebesar 10%. Tidak hanya itu, alsintan juga meningkatkan nilai tambah dan frekuensi penanaman padi yang dulu hanya satu kali setahun kini bisa tiga kali karena proses pengolahan lahan dan panen lebih cepat.

Dengan demikian, produksi lebih tinggi dan pendapatan petani pun ikut naik. Kontribusi penggunaan alsintan modern pada produksi komoditas pangan uta ma, yaitu padi, jagung, dan kedelai selama lima tahun terakhir berdasar data Kementerian Pertanian meningkat signifikan. Hasilnya, setiap tahun rata-rata produksi padi meningkat 4,07%, jagung 12,5%, dan kedelai 8,79% selama lima tahun terakhir.

Mekanisasi yang Tepat Sesuai Kebutuhan Pemilihan alsintan yang tepat sesuai kebutuhan dan kondisi di lapangan sangat berpengaruh terhadap hasil. Selama ini PT Rutan selaku produsen dalam penyediaan mesin dan alat canggih dalam dunia pertanian dan perkebunan sudah mengeluarkan produk-produk mulai dari peng olahan lahan hingga pascapanen jagung. “Mulai on farm hingga pascapanen PT Rutan menyediakan mekanisasi yang di bu tuhkan petani,” ujar Reiner Atto, Product Manager Pre-Harvest Division PT Rutan di Surabaya.

PT Rutan, kata Reiner, menyediakan rang kaian alsintan yang lengkap dari olah lahan hingga pemrosesan sehingga petani bisa memilih sesuai kebutuhannya “Kita didukung sama sister company kita, PT Agrindo, PT TRD, dan PT Guntur. Mereka produsen alat-alat pertanian satu grup dengan kita, jadi ketersediaan spare part dan produk yang berkualitas kita utamakan,” ujarnya.

Majalah Agrina dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI