Tampilkan di aplikasi

Produksi pangan tuban meningkat berkat alsintan

Majalah Agrina - Edisi 306
11 Desember 2019

Majalah Agrina - Edisi 306

“Keuntungan UPJA dari Januari-Oktober ini sekitar Rp100 juta,” ucap Sudirman

Agrina
Mekanisasi atau aplikasi alat dan mesin pertanian (alsintan) terbukti mampu mendorong peningkatan produksi pangan. Inilah yang terjadi di Kab. Tuban, Jatim. Dalam lima tahun terakhir, Tuban surplus pangan dengan rerata surplus tahunan 56%. “Tahun 2018 surplus 60%, 2019 dipastikan bisa 60% lebih,” ujar Murtadji, Kepala Dinas Pertanian Kab. Tuban, kepada AGRINA.

Faktor utama pendorong surplus pangan adalah alsintan.“Dengan bantuan alsintan dari Kementerian Pertanian juga didukung provinsi, APBD sehingga LTT (Luas Tambah Tanam) tahun 2018/2019 ditarget 104 ribu ha padi tercapai 107 ribu ha,” lanjutnya bersemangat. Tahun lalu produksi padi Tuban mencapai 631.977 ton gabah kering giling (GKG) setara 399.410 ton beras sedangkan kebutuhan masyarakat 157 ribuan ton beras per tahun.

Peran Alsintan
“Alsintan benar-benar dibutuhkan. Apalagi ada traktor roda 4, langsung 10 ha (hanya) 4 jam,” jelas Murtadji. Sehingga, indeks pertanaman (IP) naik dari 200 menjadi 300. Kenaikan IP juga berkat perbaikan sistem irigasi yang memudahkan pemanfaatan air sungai Bengawan Solo.

“Tuban dulu terkenal kalau hujan banjir, musim kemarau kering. Jangankan untuk sawah, untuk minum saja ndak ada. Alhamdulillah musim kemarau bisa nyedot air dari Bengawan. Jadi, kita bisa tiga kali tanam padi dan kemarau ini produktivitas padinya bisa 10 ton/ha,” ulasnya.

Tuban mendapat bantuan alsintan pratanam dan tanam dari Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) dan alsintan pascapanen dari Ditjen Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian. Mula-mula bantuan disalurkan ke kelompok tani tapi sejak 2018 dialihkan lewat unit Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA). “Diberikan ke kelompok A, kelompok B nggak boleh pinjam. Di Tuban ada 1.800-an kelompok tani. Nggak mungkin diberikan alsintan semua,” katanya.
Majalah Agrina di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI