Tampilkan di aplikasi

Ehang 184, taksi udara otonom pertama di dunia

Majalah airmagz - Edisi 38
9 April 2018

Majalah airmagz - Edisi 38

Mimpi bepergian ke berbagai tempat dengan layanan transportasi udara yang simple, cepat, aman, ramah lingkungan, dan tak tersentuh kemacetan sepertinya sudah dapat diwujudkan seiring dengan munculnya Ehang 184.

airmagz
Ehang Inc, sebuah perusahaan pembuat drone asal Tiongkok, telah berhasil memproduksi sebuah drone besar yang mampu mengangkut penumpang dan mengantarnya ke tempat tujuan layaknya layanan taksi. Drone besar yang mengusung konsep unmanned aerial vehicle (UAV) ini diberi nama Ehang 184.

Ehang Inc pun telah mengumumkan keberadaan drone terbaru mereka ini di Science & Techno ajang Consumer Electronic Show (CES) 2016 di Las Vegas, Amerika Serikat. Tapi, drone yang dikembangkan dalam waktu tiga tahun ini hanya mampu membawa satu penumpang plus barang bawaan yang kapasitasnya sangat terbatas.

Meski demikian, Ehang 184 pantas bila dianggap sebagai drone pertama di dunia yang memiliki kemampuan untuk mengangkut manusia. Ehang 184 telah diuji hingga ribuan kali untuk memastikan faktor safety dan kelayakan terbangnya.

Setelah menjalani beberapa kali uji coba terbang dengan menggunakan penumpang pada tahun 2016 lalu, drone besar ini pun diproyeksikan bakal dioperasikan di Dubai, Uni Emirat Arab. Bahkan kini Ehang 184 dipercaya bakal menjadi kendaraan taksi udara komersial andalan di kota yang terkenal keglamorannya itu.

Sekilas, penampilan Ehang 184 mirip seperti helikopter “buntung” karena tidak mempunyai “buntut” layaknya helikopter pada umumnya. Dan karena konsep pembuatannya terinspirasi dari bentuk drone, helikopter unik ini dilengkapi empat pasang baling-baling di sekeliling badannya plus delapan roket pendorong. Dengan demikian, Ehang 184 dapat mengangkut beban hingga maksimal 110 kg dan dapat menjelajah hingga maksimal 15 km.
Majalah airmagz di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI