Tampilkan di aplikasi

Menikmati senja di Pulau Banyak

Majalah airmagz - Edisi 50
8 April 2019

Majalah airmagz - Edisi 50

Belum lama ini pemerintah pusat telah menetapkan wilayah kepulauan itu sebagai salah satu destinasi wisata andalan Aceh. / Foto : Pangeranpiadah

airmagz
Terik matahari mulai menyayat kulit, saat kami akan melakukan perjalanan laut dari pelabuhan Kota Singkil menuju Pulau Banyak (6/3). Belum lama ini pemerintah pusat telah menetapkan wilayah kepulauan itu sebagai salah satu destinasi wisata andalan Aceh, khususnya Kabupaten Aceh Singkil.

Kami pun tiba di kawasan Pulau Banyak, setelah menempuh perjalanan lebih kurang 2 jam. Terlihat warna air laut yang bening membiru laksana kaca, di mana kita dapat melihat isi bawahnya tanpa harus menyelam. Sungguh pemandangan yang sangat memanjakan mata.

Selain biru air laut, telihat juga beberapa pulau mengambang di atas permukaan air. Karena itulah, wilayah tersebut dinamai Pulau Banyak. Sebab terdiri dari gugusangugusan pulau dan setiap gugusan pulau tentu memiliki namanya sendiri. Tujuan utama kami adalah ke Pulau Panjang. Namun, sebelum menuju kesana terlebih dulu bersinggah di Pulau Balai.

Pulau ini tidak menjadi tempat liburan dan aktivitas para wisatawan, karena hampir seluruh bagian dari tempatnya telah dijadikan rumah dan bangunan penduduk setempat . Sebagian besar profesi masyarakatnya adalah nelayan, perikanan dan kelautan merupakan sektor ekonomi andalan mereka.

Ada hal menarik yang terlihat dari ujung Pulau Balai, yakni jembatan laut. Hamparan lautan biru yang jernih di bawah jembatan, ditambah dengan latar belakang langit biru diwarnai sedikit awan putih membuat penampakan jembatan tersebut begitu menakjubkan. Pemandangan itu seketika mengingatkan kami dengan jembatan laut China, yang menghubungkan Hong Kong dengan Makau dan Zhuhai.

Namun, jembatan laut di Pulau Banyak ini hanya menghubungkan antara Pulau Balai dengan Pulau Teluk Nibung. Oleh sebab itu, masyarakat setempat menamainya Jembatan Balai-Bung. Keberadaan Jembatan yang instagramable tersebut menjadikan kawasan Pulau Banyak tampak lebih menarik. Bagi para wisatawan sangatlah fantastis jika mengabadikan momen dengan latar belakang Jembatan Balai-Bung.
Majalah airmagz di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI