Tampilkan di aplikasi

Flying-V, pesawat jet masa depan terinspirasi gitar

Majalah airmagz - Edisi 57
12 November 2019

Majalah airmagz - Edisi 57

Dimana penempatan kursi untuk penumpang? Maskapai KLM asal Belanda, belum lama ini mengumumkan desain unik pesawat barunya.

airmagz
Juni lalu, maskapai asal Belanda Koninklijke Luchtvaar t Maatschappij—atau yang biasa dikenal KLM—baru saja mengumumkan desain pesawat terbarunya. Dilansir dari CNN, mereka mengenalkan kepada publik tentang sebuah konsep pesawat jet dengan desain sayapnya yang berbentuk huruf V. Pesawat anyar ini pun diperkenalkan dengan nama Flying-V.

Dalam desainnya, Flying-V sendiri memiliki dua perpaduan warna, yaitu biru muda dan putih. Ekor sayap yang berbentuk huruf V ini memiliki ujung yang melancip ke atas. Sedangkan untuk penempatan mesin turbofan, Flying-V meletakan keduanya di bagian belakang sayap dengan posisi menjorok ke atas.

Inovasi KLM sendiri bukan tanpa alasan. Mereka mendapatkan ide huruf V sendiri terinspirasi dari bentuk Gitar Gibson. Gibson sendiri merupakan sebuah gitar listrik yang berbentuk seperti V dan biasa dimainkan oleh para musisi terkemuka, seperti Jimi Hendrix, Brian May, hingga Eddie Van Halen.

Awal mula terbentuknya ide untuk desain ini berasal dari mahasiswa asal Universitas Teknik Berlin, Jerman, bernama Justus Benad. Ide ini kemudian dikembangkan oleh para peneliti asal Universitas Teknologi Delft asal Belanda, yang juga dikenal dengan TU Delft. Maskapai KLM sendiri berperan sebagai pemasok dana utama untuk proyek Flying-V ini.

Ukuran pesawat jet Flying-V sendiri memiliki lebar sebesar 65 meter. Sayapnya yang menjadi ciri khas pesawat ini pun berperan vital. Bagian ini merupakan tempat untuk menampung para penumpang, tangki bahan bakar, hingga kargo sekaligus.

Jika dibandingkan dengan pesawat jet saat ini seperti Airbus A350, ukuran lebar kedua pesawat ini memiliki besaran yang sama, yakni 65 meter. KLM sendiri mengklaim bahwa Flying-V lebih irit dan ef isien dibandingkan dengan Airbus 350. Pasalnya, adanya dua mesin turbofan di setiap sayap.
Majalah airmagz di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI