Tampilkan di aplikasi

Lake District, situs warisan dunia

Majalah airmagz - Edisi 58
11 Desember 2019

Majalah airmagz - Edisi 58

Inggris biasa dikenal sebagai negara industri. Namun siapa sangka, Inggris ternyata menyimpan keindahan alam yang patut dikunjungi. Di sana, terdapat sebuah kawasan yang terdiri dari pegunungan, padang rumput, hingga berbagai danau yang berkilau. Tempat ini juga menjadi berbagai sumber inspirasi para sastrawan dunia.

airmagz
Lake District, biasa tempat itu dikenal banyak orang. Tempat ini terletak di bagian barat laut negara Inggris. Total wilayahnya sendiri mencapai 2.642 km persegi yang membentang dari timur ke barat sejauh 51 km dan hampir 64 km dari utara ke selatan. Sebagai taman nasional terluas di Inggris, Lake District merupakan sebuah tempat yang terdiri dari berbagai kawasan alam, seperti pegunungan, padang rumput, danau, pantai, lembah, hutan, bukit, hingga pantai.

Selain wisata alam, Lake District juga menyuguhkan desa wisata, kuliner, hingga museum. Tak ayal pada 2017 lalu, UNESCO menetapkan tempat ini sebagai situs warisan dunia sebagai situs istimewa yang menonjolkan unsur sosial, ekonomi, budaya, dan lingkungan. Seperti namanya, lake sendiri memiliki arti danau. Oleh karenanya, Lake District sendiri menjadi kawasan wisata yang terdiri dari berbagai danau.

Ada 19 danau yang menyebar di kawasan ini. Danau-danau tersebut yakni Bassenthwaite Lake, Brotherswater, Buttermere, Coniston Water, Crummock Water, Derwent Water, Devoke Water, Elter Water, Ennerdale Water, Esthwaite Water, Grasmere, Haweswater Reservoir, Hayeswater, Loweswater, Rydal Water, Thirlmere, Ullswater, Wast Water, dan Windermere.

Salah satu danau yang terbesar di kawasan Lake District, sekaligus di Inggris, adalah Danau Windermare. Danau ini memiliki luas 14,73 km persegi dan panjang sekitar 18,08 km. Saking luasnya danau ini, Windermare juga memiliki sebuah pulau di tengah-tengah danaunya. Total ada 19 pulau yang terdapat di Windermare, dengan pulau terbesar bernama Belle Isle. Di Windermare, para wisatawan bisa menikmati luasnya danau dengan berkeliling menggunakan perahu. Adaberbagai perahu yang bisa dinaiki, mulai dari perahu uap hingga kapal feri.
Majalah airmagz di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI