Tampilkan di aplikasi

Antisipasi resiko koi mati massal akibat listrik padam

Majalah Apki - Edisi 20
4 Agustus 2016

Majalah Apki - Edisi 20

Sungguh hal yang sangat memilukan hati, apalagi koi yang menjadi korban adalah koi-koi kesayangan yang berkualitas atau bahkan pernah menang kontes.

Apki
Bukan sekadar harganya, namun belum tentu dilain waktu bisa mendapatkan penggantinya dengan kualitas atau keunikan yang sama. Bila semuanya telah terjadi, apalah gunanya mencari-cari siapa yang bersalah, Toh, tak akan menghidupkan kembali koi-koi yang telah mati.

Maka dari itu, lebih bijaksana bila kita menyusun langkah antisipasi sejak awal, untuk menghindari jatuhnya banyak korban pada koi-koi anda akibat aliran listrik yang mendadak padam berjam-jam tanpa pemberitahuan sebelumnya dari pihak PLN. Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa didalam proses pernafasan koi diperlukan pasokan oksigen dalam kadar yang cukup di dalam air kolam.

Bila kolam anda cukup luas, dan memang tidak pernah menggunakan pompa udara (air pump) untuk menambah aerasi, maka tentu dengan padamnya aliran listrik tidak ada pengaruhnya. Namun bagi anda yang memiliki kolam koi yang cukup dalam, dan menggunakan tambahan aerator untuk menambah pasokan oksigen yang terlarut dalam air kolam, bila terjadi listrik PLN padam, maka akan terjadi kemungkinan kematian masal pada koi-koi anda.

Sebab dengan padamnya aliran listrik, membuat seluruh peralatan listrik yang telah terpasang pada kolam anda akan berhenti bekerja. Bila seluruh peralatan berhenti bekerja, maka akan membuat kualitas air kolam anda akan berkurang secara drastis, terutama tingkat pasokan oksigen yang ada. Berapa Lama Koi Akan Mampu Bertahab, Ketika Aliran Listrik Padam? Ini adalah pertanyaan yang seringkali ditanyakan oleh para pemelihara koi, yang begitu khawatir bila aliran listrik PLN padam.
Majalah Apki di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI