Tampilkan di aplikasi

Siklus nitrogen

Majalah Apki - Edisi 20
4 Agustus 2016

Majalah Apki - Edisi 20

Para pemelihara koi tentu ingin merawat koi hingga besar dan sehat. Namun demikian tentu diperlukan dasar pemahaman tentang cara pemeliharaan koi yang benar.

Apki
Dalam memelihara koi, sesungguhnya yang ada adalah menjaga kualitas air, agar koi nyaman berada di kolam anda. Begitu banyak pemilik kolam koi yang bertahuntahun memelihara koi karena kebiasaan atau saran dari orang lain dan tak pernah mengetahui secara pasti mengapa dan bagaimana yang harus dilakukan dalam merawat kolam dan koinya.

Nah, melalui tulisan ini saya ingin mengajak anda untuk memahami dasar-dasar pengetahuan mengenai kualitas air kolam anda, yaitu tentang siklus nitrogen secara singkat saja. Semua koi tentu butuh makanan untuk pertumbuhan badannya dan tentu saja sisa metabolismenya adalah berupa kotoran, yang akan terlarut di dalam air kolam.

Ammonia Yang paling penting untuk diketahui adalah bahwa kotoran koi dan sisa atau kelebihan pakan yang tidak termakan oleh koi akan berubah menjadi Ammonia setelah diurai oleh bakteri heterotropik. Ammonia adalah zat yang berbahaya dan apabila kadarnya melebihi batas maka dapat berakibat fatal bagi koi anda. Oleh sebab itu, bila ada sisa kelebihan pakan yang mengambang di kolam anda, segera angkat dan buang, agar tidak mencemari kolam anda.

Nitrit dan Nitrat Ammonia yang berada di dalam kolam akibat adanya kotoran dan sisa pakan tersebut, kemudian akan diurai lagi oleh bakteri Nitrit dan jadilah unsur kimia yang bernama Nitrit. Nitrit meski masih berbahaya bila dalam kadar yang berlebihan, namun tidak seperti Ammonia.
Majalah Apki di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI