Tampilkan di aplikasi

Bio ball dan bakteri nitrifikasi

Majalah Apki - Edisi 20
4 Agustus 2016

Majalah Apki - Edisi 20

Bagi Anda para pemelihara koi, tentu tak asing lagi dengan bioball.

Apki
Mengapa diberi nama Bioball? Yang jelas karena bentuknya yang bulat seperti bola-bola dan digunakan sebagai media dalam sistem filter biologi. Lalu apa itu sistem filter biologi? Sistem Filter Biologi adalah sebuah cara yang digunakan untuk menjaga kualitas air kolam dengan memanfaatkan proses mekanisme alamiah.

Yang dimaksud dengan alamiah adalah dengan memanfaatkan mikroorganisma yaitu bakteri yang tersedia secara alami. Bentuk bioball yang tersedia di pasaran sangatlah beragam. Namun demikian, meski secara tekstur fisik berbeda namun pada prinsipnya adalah sama, yaitu memilki banyak rongga di sekelilingnya.

Tentu anda ada yang bertanya, untuk apa dibuat ronggarongga pada bioball? FUNGSI BIOBALL Bioball sejatinya diciptakan sebagai tempat tinggal atau ‘rumah’ bagi bakteri yang menguntungkan. Bakteri yang menguntungkan adalah bakteri yang berperan untuk mengurai Amonia, yaitu zat yang berbahaya bagi koi, Amonia diurai oleh bakteri menjadi nitrit dan nitrat sehingga tidak lagi berbahaya bagi koi anda.

Bakteri itulah yang dikenal dengan Bakteri Nitrifikasi (Nitrification Bacteria). Lebih jelasnya, Bakteri Nitrifikasi adalah kelompok bakteri yang mampu menyusun senyawa nitrat dari senyawa amonia. Kelompok bakteri ini bersifat kemolitotrof karena menggunakan senyawa nitrogen inorganik sebagai dalam siklus hidupnya.
Majalah Apki di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI