Tampilkan di aplikasi

Hanako koi tertua didunia

Majalah Apki - Edisi 20
4 Agustus 2016

Majalah Apki - Edisi 20

Hanako Gadis Bunga (Flower Girl).

Apki
Ikan Koi. Ya ikan koi yang di Jepang terkenal dengan Nishikigoi. Anda ingin tahu buktinya? Hanako, adalah nama seekor koi yang pernah hidup di negeri Sakura. Mengapa diberi nama Hanako, sebab dia adalah koi betina yang cantik dan Hanako artinya gadis bunga (flower girl). Pemiliknya adalah Dr. Komei Koshihara, dia adalah Presiden Women’s College yaitu sekolah untuk kaum hawa di Nagoya Jepang.

Pada awalnya dia tidak dikenal orang, namun ketika berada di dalam suatu wawancara Radio NHK pada 25 Mei 1966, saat ditanya oleh sang penyiar radio tentang apa kegemaran atau hobinya. Tak disangka-sangka, kejujuran Komei Koshihara membuat takjub banyak orang. Dia pun bercerita tentang hobinya memelihara ikan koi di kolam yang ada disebelah rumahnya di daerah Gifu yaitu sebuah prefecture di Jepang bagian selatan.

Bahkan jika ia memanggilnya, “Hanako! Hanako!” dia akan mendekat untuk minta dibelai. Sesekali Hanako diangkatnya keluar kolam, ditaruh dalam wadah untuk melihat lebih dekat lagi Koi milik Koshihara San itu warnanya merah polos atau dikenal dengan hi goi. Koi itu lahir pada tahun 1751 yaitu pada tahun pertama Horeki pada pertengahan masa dinasti Tokugawa dan telah mati pada tanggal 7 Juli 1977, pada usia 226 tahun !
Majalah Apki di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI