Tampilkan di aplikasi

Sang breeder hikari dari timur

Majalah Apki - Edisi 19
4 Agustus 2016

Majalah Apki - Edisi 19

Makassar senantiasa panas walaupun sudah masuk musim penghujan. / Foto : Ryan Sirajuddin

Apki
Sekitar 20 meter dari jalan raya berdiri sebuah bangunan yang di kelilingi pagar tembok namun ternyata didalamnya isinya kolam ikan koi. Walaupun bangunan tersebut di kelilingi rumah peduduk tapi sang pemilik David Ciang Oen tetap eksis memijahkan koi jenis hikari. Pria kelahiran Makassar, 1970. Awal mulanya memang menyukai koi jenis hikari karena bersinar dan cemerlang.

Pada tahun 1991 dia memutuskan untuk mulai merintis peternakan koi jenis hikari maka mulailah dia mendirikan farm yang dia beri nama “ Bintang Koi “. Sama dengan karakter koi hikari yang bersinar kalo di terpa cahaya. Awal mulanya dia breeding, justru memijahkan koi jenis gosanke. Namun karena di rasa hasilnya kurang memuaskan dan cenderung stagnan maka suami dari Nella Fudjaya ini terus berburu indukan jenis hikari.

Sehingga pada akhirnya dia mendapatkan beberapa indukan kujaku dari seorang importir ikan koi di Makassar. Pada tahun 1998 mulailah memijahkan kujaku sebagai langkah awal menuju spesialis breeder hikari. Produk kujaku yang dihasilkan bintang koi direspon pasar cukup baik. Dan permintaan pasar semakin hari semakin banyak.

Sehingga dia memutuskan untuk beralih profesi dari kontraktor bangunan menjadi breeder koi. Adapun jenis hikari yang di ternakkan sekarang adalah kujaku, ki kusui, yamato nishiki, dan kin showa. Hasil ternakannya sudah banyak menjadi juara di ajang koi show baik di Makassar maupun di luar Makassar. Yang paling menggembirakan seorang breeder adalah ketika bisa menghasilkan koi dengan kualitas show quality.
Majalah Apki di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI