Tampilkan di aplikasi

Apa itu koi kerokan

Majalah Apki - Edisi 22
21 Oktober 2016

Majalah Apki - Edisi 22

Mungkin itulah serangkaian pertanyaan lugu dari para pemelihara koi yang belum pernah tahu perihal koi yang sengaja dikerok untuk memperbaiki penampilannya.

Apki
Mungkin itulah serangkaian pertanyaan lugu dari para pemelihara koi yang belum pernah tahu perihal koi yang sengaja dikerok untuk memperbaiki penampilannya. Cosmetic Surgery Koi yang dikerok, atau bahasa kerennya Cosmetic Surgery atau Minor Surgery adalah operasi kecil yang dilakukan untuk mengangkat sebagian kulit atau sisik bahkan daging koi untuk menghilangkan warna atau pola pada bagian tubuh tertentu agar penampilan koi secara keseluruhan menjadi lebih baik.

Beberapa kalangan menyebutnya dengan istilah ‘Cutting Koi’. Mungkin hal ini sebagaimana yang dilakukan orang untuk memperbaiki wajahnya agar tampak lebih cantik atau ganteng. Koi yang dioperasi tentu sebelumnya sudah dibius dengan tujuan agar koi tidak banyak bergerak, sehingga mempermudah jalannya operasi. Setelah selesai operasi, bagian bekas luka diolesi antibiotic agar tidak menimbulkan infeksi.

Kontroversi Mengenai koi yang dikerok untuk memperbaiki penampilannya, telah terjadi kontroversi di kalangan para pecinta koi, sebab ada sebagian yang beranggapan bahwa ini adalah bagian dari penyiksaan terhadap koi (Koi Torture) dan sebagian lainnya berpendapat boleh saja dilakukan operasi untuk memperpaiki penampilan koi, asal dilaksanakan dengan cara yang benar.

Terlepas dari pertentangan pendapat tersebut melalui tulisan ini penulis hanya ingin berbagi tips bagaimana cara untuk mengetahui apakah koi pernah dioperasi atau kami tulis ‘koi kerokan’ sebagai berikut: 1. Rekayasa pola Diarea kepala Pola di bagian kepala koi adalah yang paling sering menjadi obyek operasi, khususnya untuk menyempurnakan bentuk pola bulat pada Tancho agar tampil lebih baik.
Majalah Apki di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI