Tampilkan di aplikasi

Rahasia perawatan koi baru, karantina koi

Majalah Apki - Edisi 22
21 Oktober 2016

Majalah Apki - Edisi 22

Jangan sekali kali menganggap sepele koi yang baru datang, bila anda tidak ingin memperolah masalah serius nantinya.

Apki
Jangan sekali kali menganggap sepele koi yang baru datang, bila anda tidak ingin memperolah masalah serius nantinya. Mungkin banyak diantara anda yang sudah terbiasa tidak melakukan karantina, alias koi baru langsung masuk kolam, dan koinya sehat-sehat saja. Namun hal ini sagat riskan, sebab koi yang baru anda beli, sesungguhnya dalam keadaan stress dan mudah terserang penyakit atau menularkan penyakit kepada koi-koi lainnya.

Keberadaan koi baru yang hadir di kolam anda, tak jarang menjadi sumber mala petaka yang dapat mengancam keselamatan bagi koi-koi lainnya. Untuk itu, untuk menghidari terjadinya permasalahan dengan adanya koi baru di kolam anda. Koi yang baru datang, sedang dalam kondisi stress berat, apalagi koi baru saja mengalami perjalanan jauh dan lama, terutama koi import, ataupun koi lokal yang dibawa dari daerah yang cukup jauh dari kota dimana anda berada.

Sepanjang pengalaman penulis, koi baru yang langsung masuk ke dalam kolam tanpa melalui proses karantina, maka sangat beresiko terhadap keberadaan koi lainnya. Koi yang baru datang tersebut seringkali berpotensi menimbulkan masalah bagi koi yang sudah ada di kolam anda. Koi-koi anda yang sebelumnya sehat-sehat saja, ketika ada koi yang baru datang, sehari kemudian menimbulkan masalah yaitu tertular penyakit.
Majalah Apki di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI